close
hal yang tak boleh dibeli bekas

Salah satu cara menghemat uang adalah membeli barang seken atau bekas baik itu di garage sale atau melalui situs online. Namun, ada beberapa barang yang tidak boleh Anda beli dalam kondisi bekas alias harus dalam keadaan baru. Barang apa saja itu? Check this out.

1. Helm

Dengan membeli helm sepeda atau sepeda motor bekas, Anda bisa meningkatkan risiko keselamatan Anda. Anda tidak tahu siapa yang memiliki helm itu sebelumnya, sudah berapa usianya, dan mengapa helm tersebut dijual. Anda disarankan tidak membeli helm bekas karena mungkin saja helm tersebut pernah digunakan saat terjadi kecelakaan.

2. Kasur

Kasur bekas sangat mungkin menjadi tempat berkumpulnya banyak hal, termasuk alergen, debu, dan tungau dari pemilik sebelumnya. Dan Anda tak tahu dari mana noda di kasur bekas berasal. Selain jorok, kasur bekas juga telah membentuk tubuh dan tidur posisi pemilik pertama sehingga akan menimbulkan rasa tak nyaman saat Anda gunakan.

3. Tempat tidur bayi

Tempat tidur bayi terus dilengkapi dengan fitur-fitur keamanan baru setiap tahunnya. Jika Anda membeli bekas, Anda berisiko membeli tempat tidur bayi yang ditarik karena alasan keamanan. Tempat tidur bekas bisa membahayakan bayi Anda.

4. Car seat anak

Car seat hanya bisa dipakai antara 5-9 tahun (periksa tanggal kedaluwarsanya). Jika Anda membelinya di garage sale atau toko online, Anda tidak akan tahu apakah car seat tersebut pernah digunakan saat terjadi kecelakaan. Yang perlu Anda tahu, car seat hanya untuk dipakai dalam satu kali kecelakaan. Setelah itu, harus diganti demi alasan keamanan.

5. Pakaian dalam dan baju renang

Jika pakaian tersebut sudah menyentuh area bawah seseorang, jangan sampai Anda mau mengenakannya. Pakaian renang juga sangat cepat melar jadi mungkin akan segera rusak beberapa saat setelah pembelian.

6. Kosmetik

Di Instagram, sering ada yang jualan kosmetik bekas dengan alasan ‘warnanya nggak cocok’ atau alasan sejenis. Jika Anda tak kenal penjualnya atau pemakai sebelumnya, jangan mengambil risiko dengan menggunakannya di wajah Anda. Yang perlu Anda tahu, tester kosmetik yang ada di department store terkontaminasi E. coli dan bakteri lainnya. Jika ini bisa terjadi pada tester, bisa jadi hal ini juga bisa terjadi pada kosmetik bekas.

7. Sepatu lari

Anda suka olahraga? Jika Anda membeli sepatu lari bekas, tapak dan bantalannya mungkin sudah usang, dan Anda bisa mencederai kaki Anda. Sepatu seken telah dibentuk untuk kaki orang lain dan akan sulit kembali ke cetakan. Seperti halnya dengan alas kaki bekas lainnya, Anda juga berisiko tertular jamur kaki atau infeksi bakteri saat memakai sepatu bekas orang lain.

8. Alat permainan

Alat permainan tertentu (terutama yang antik) bisa jadi temuan yang menarik. Di sisi lain, membeli mainan dengan banyak potongan-potongan seperti monopoli atau scrabble bukanlah ide baik. Jika ada satu bagian saja yang hilang, Anda tak akan bisa main (dengan sempurna). Lalu apa fungsinya membeli mainan seperti ini?

 

Sumber: www.wisebread.com

Tags : barang bekasbelanja bijakhidup hemat