close
obat tetes mata

Obat tetes mata memiliki banyak fungsi, antara lain mengobati mata kering, alergi, infeksi, atau glaukoma, dan kebanyakan dibeli tanpa resep. Namun, apakah Anda sudah memakai obat tetes mata dengan benar?

Berikut ini adalah tips menggunakan obat tetes mata agar tetap aman, efektif, dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginakn.

1. Tidak meneteskan semua sekaligus

Salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan ketika meneteskan obat tetes mata adalah meneteskan beberapa tetes dalam tempo yang terlalu cepat. Mata Anda hanya bisa menampung satu tetes saja sehingga jika Anda meneteskan lebih dari itu, obat akan tumpah ke muka Anda dan terbuang sia-sia.

Mengenai petunjuk yang mengatakan Anda harus meneteskan empat tetes setiap enam jam tidak berarti Anda harus meneteskan empat tetes sekaligus. Selain mahal, hal ini juga tak baik bagi kesehatan mata Anda.

2. Jangan mencampur dan menggabungkan

Jika Anda menggunakan obat tetes mata yang berbeda secara bersamaan, beri jeda, paling tidak 30 menit untuk setiap obat. Tetesan obat tersebut dapat berinteraksi dan menyebabkan rasa terbakar dan mata berair, yang mengurangi efektivitasnya. Lebih baik, konsultasikan hal ini dengan dokter Anda, khususnya apabila Anda memiliki lebih dari satu jenis obat tetes mata.

3. Lacak dosisnya

Seperti obat apa pun, Anda harus menggunakan obat tetes sesuai arahan. Dosis yang kurang atau kebanyakan dapat mempengaruhi pengobatan. Anda bisa melakukan banyak hal untuk mengingat waktu pemakaian atau penetesan obat, misalnya dengan mencatat di alarm handphone Anda.

4. Jangan melewatkan satu tetesan pun bahkan ketika Anda sedang ada acara

Selalu gunakan obat pada hari ujian Anda kecuali dengan arahan yang berbeda. Jika Anda harus menghadiri acara khusus, pastikan Anda tetap meneteskan obat mata Anda, kecuali jika Anda arahan tertentu dari dokter Anda.

5. Perhatikan tanggal kadaluwarsanya

Ketika membeli obat resep, pastikan Anda melihat tanggal kedaluwarsanya untuk memastikan Anda tak kehabisan waktu selama pengobatan Anda. Jika obat tetes mata telah kadaluwarsa, tanyakan pada dokter apakah obat tetap aman jika digunakan ataukah Anda perlu resep baru. Jika obat tetes Anda masih tersisa setelah pengobatan berakhir, simpanlah di tempat yang aman. Tapi jika Anda merasa tak yakin dengan obat yang ada di lemari obat Anda, jangan ambil risiko.

6. Jangan mendiagnosa diri sendiri

Jika Anda mengalami mata merah, jangan ditangani sendiri. Jika kondisi tidak membaik dalam waktu 24 sampai 48 jam, Anda harus segera pergi ke dokter. Jika Anda mengalami gejala yang lebih parah, seperti kehilangan penglihatan, segera konsultasikan dengan dokter.

7. Periksa obat yang akan Anda gunakan

Selalu periksa botol di tangan Anda sebelum menggunakan obat tetes mata Anda. Sangat membahayakan jika Anda mengambil obat tetes telinga dan meneteskannya ke mata Anda.

8. Teteskan obat tetes dengan benar

Jika Anda meneteskan satu tetes obat ke dalam mata, dan melihat air di wajah Anda, kemungkinan besar air itu adalah obat tetes itu tadi. Jika ini terjadi, teteskan obat sekali lagi agar Anda bisa mendapatkan manfaat obat secara efektif. Cara meneteskan yang benar adalah di bagian luar sudut mata Anda (bukan bagian dalam).

 

Sumber: www.everydayhealth.com

Tags : mataobat tetes mataobat-obatan