close
google search

Apakah Anda sering menggunakan Google Search untuk berbagai keperluan? Tapi, apakah Anda sudah merasa menggunakan yang terbaik dari apa yang bisa dilakukan oleh Google Search? Berikut ini adalah beberapa cara untuk membantu Anda menggunakan Google Search dengan seoptimal dan seefisien mungkin.

1. Gunakan tab

Pada bagian atas di awal pencarian, selalu ada beberapa tab yang muncul, seperti Web, Image, News, and More. dengan menggunakan tab ini, Anda akan dapat membantu menentukan jenis pencarian yang perlu Anda lakukan. Jika Anda mencari gambar gunakan tab Image, dan jika Anda mencari artikel berita, gunakan tab News. Cara ini akan memotong waktu pencarian Anda dengan sangat drastis.

2. Gunakan tanda kutip

Tanda kutip berfungsi untuk membantu pencarian yang spesifik. Tanda kutip ini memberitahu Google bahwa Anda mencari keseluruhan frase. Misalnya jika Anda mengetik “makanan khas Arab”, maka Google akan mencari frase yang sama persis dengan yang Anda tuliskan.

3. Gunakan tanda hubung untuk mengecualikan kata-kata

Kadang, mungkin Anda mencari kata dengan makna yang ambigu. Misalnya, Mustang. Jika Anda mengetik Mustang saja, maka pencarian Google akan memberikan hasil berupa kuda ataupun mobil buatan ford. Jika yang Anda cari adalah kuda, Anda bisa menuliskan Mustang –horse atau Mustang –kuda misalnya.

4. Gunakan tanda titik dua untuk mencari situs tertentu

Misalnya Anda ingin mencari artikel tentang Android di Tekning, Anda tinggal mengetik site: csdnews.com Android atau Android site: csdnews.com. Dengan demikian, semua pencarian lainnya akan dihapus dan Anda akan diarahkan ke situs yang tepat Anda cari.

5. Cari halaman yang link ke halaman lain

Anda ingin mencari halaman yang me-link ke suatu halaman tertentu? Misalnya Anda ingin tahu siapa saja yang mengutip artikel New York Times pada situs mereka, Anda bisa mencari dengan cara seperti ini link: nytimes.com

6. Gunakan asterisk (tanda bintang)

Bila Anda menggunakan tanda bintang dalam istilah yang Anda cari di Goole Search, akan Anda suatu tempat kosong yang akan secara otomatis diisi oleh mesin pencari. Hal ini sangat cocok untuk mencari lirik lagu yang hanya Anda ketahui sepenggal. Misalnya, ketika Anda mengetik I will * the same * you did, lagu Kelly Clarkson Because of You akan muncul dalam pencarian.

7. Menemukan situs yang mirip dengan situs lain

Misalkan Anda mempunyai situs web favorit, seperti Amazon, yang perlu Anda lakukan untuk menemukan situs yang mirip dengan situs tersebut adalah mengetik related:amazon.com, dan pilihan lain seperti eBay, Barnes & Noble, serta Sears akan muncul.

8. Mencari beberapa hal dalam satu waktu

Google Search sangatlah fleksibel. Anda bisa melakukan pencarian dengan menggunakan lebih dari satu kata atau frase. Contohnya adalah seperti ini “tips menghemat baterai” OR “agar baterai tahan lama”.

Jika Anda menggunakan Google Search di browser Chrome, ada beberapa tips lain yang membuat pencarian Anda jauh lebih efisien.

 

Sumber: www.lifehack.org

Tags : aplikasigooglegoogle searchweb