close
merawat kulkas

Barang-barang di rumah kita, semua memiliki masa pakainya sendiri-sendiri. Khusus untuk barang-barang besar yang mahal, tentu kita harus mempersiapkan dana yang cukup jika memang harus melakukan penggantian. Salah satunya adalah kulkas. Meski masa pakainya mungkin telah diprediksi, jika kita melakukan hal-hal di bawah ini, mungkin kulkas bisa lebih tahan lama lagi.

1. Bersihkan kumparan dengan vakum

Bulu anjing atau kucing serta debu-debu dan bahan lainnya bisa terkumpul dan menyumbat kumparan kulkas dan akhirnya membakar kompresor. Kumparan mungkin terletak di bagian belakang kulkas Anda atau di belakang panel di bawah lemari es. Vakum kumparan ini secara teratur.

2. Periksa segel

Jika segel di sekitar pintu kulkas dan freezer retak atau rapuh atau terlihat agak longgar, udara dingin bisa menerobos keluar. Hal ini akan memaksa kulkas bekerja lebih keras dan meningkatkan tagihan listrik Anda.

3. Bersihkan loyang penampung tetesan

Beberapa lemari es memiliki loyang penampung tetesan untuk menangkap kondensasi. Partikel makanan dan sampah lainnya juga dapat terkumpul di sana. Kosongkan dan bersihkan loyang penampung tetesan setiap tiga sampai empat bulan sekali.

4. Defrost kulkas Anda

Kebanyakan lemari es baru bisa men-defrost secara otomatis. Jika kulkas Anda tidak bisa melakukannya, Anda harus melakukan defrost sendiri kapanpun es di freezer telah menggunung lebih dari 6 mm.

5. Ganti filter air

Jika kulkas Anda terdiri dari filter air bawaan untuk dispenser air dan es, ganti filter setiap enam bulan untuk menjaga air tetap segar dan murni. Air yang mengalir melalui filter kotor bisa menjadi lebih kotor daripada sebelum difilter.

6. Ratakan kulkas Anda

Pintu kulkas yang tidak rata mungkin tidak bisa tertutup dengan benar, sehingga udara menerobos keluar dan mengorbankan efisiensi energi.

7. Periksa suhu

Kisaran suhu yang ideal untuk menjaga makanan dingin dan aman adalah antara 2-5 derajat Celsius. Sebuah lemari es yang lebih dingin dari 2 derajat Celsius akan bekerja lebih keras dari yang diperlukan dan menggunakan kelebihan energi. Pengaturan yang lebih hangat dari 5 derajat Celsius dapat mempercepat pertumbuhan bakteri pada makanan. Ukurlah suhu interior dan tingkatkan suhu jika perlu.

8. Bersihkan kulkas

Kosongkan kulkas dan bersihkan semua rak dan laci dengan air sabun hangat sebulan sekali.

 

Sumber: www.thestar.com

Tags : barang elektronikhidup hematkulkas