close
menghadapi orang yang tak disukai

Dalam hidup kita, ada beberapa orang yang tidak kita sukai, entah karena cara bicaranya, sikapnya, pekerjaannya, atau apapun dalam hidupnya. Cara kita menghadapi mereka-lah yang membedakan antara orang yang cerdas dan tidak cerdas. Berikut ini adalah cara yang dilakukan oleh orang-orang cerdas dalam menghadapi orang yang tidak mereka sukai.

1. Menerima kenyataan bahwa kita tidak bisa menyukai setiap orang

Kadang kita terjebak dalam pikiran bahwa kita adalah orang baik. Kita berpikir kita akan menyukai setiap orang yang berinteraksi dengan kita. Ada kalanya kita bertemu orang-orang yang tidak kita sukai, bahkan dari mereka mungkin harus kita hindari. Orang yang tidak kita sukai belum tentu manusia yang buruk. Yang terjadi adalah adanya perbedaan nilai di antara kalian. Ketika Anda menerima bahwa tak semua orang akan menyukai Anda dan Anda juga tak mungkin akan menyukai semua orang, Anda bisa menghadapi semua ini dengan lebih nyaman.

2. Mentoleransi orang yang tidak kita sukai

Mungkin Anda harus menggertakkan gigi Anda pada setiap kritik yang diucapkan seseorang atau Anda harus menahan amarah ketika mendengar orang berkoar. Jika Anda mampu menghadapi mereka dan mentoleransinya, Anda hebat. Ingat, Anda pun tidak sempurna dan juga butuh ditoleransi.

3. Memperlakukan orang yang tidak kita sukai dengan baik

Bagaimanapun perasaan Anda terhadap seseorang, apa yang Anda lakukan pada mereka akan berbalik pada Anda. Jika Anda kasar kepada mereka, mereka mungkin juga akan kasar kepada Anda. Jadi, Anda harus tetap adil, tenang, dan tidak memihak ketika berhadapan dengan orang yang tidak Anda sukai.

4. Memeriksa harapan kita sendiri

Seringkali kita memiliki harapan yang tidak realistis tentang orang lain. Kita mungkin mengharapkan orang lain untuk bertindak atau berkata persis seperti yang kita mau. Jadi, jika Anda orang yang memiliki perilaku yang tidak Anda sukai, cobalah untuk memikirkan apakah harapan yang Anda berikan kepadanya cukup realistis. Dengan cara ini, Anda tak akan mudah terkejut dengan perilaku orang lain yang mungkin tidak Anda sukai.

5. Fokus pada diri kita sendiri

Sebesar apapun usaha Anda, pasti tetap akan ada orang yang membuat Anda sebal, marah, benci, dan tak nyaman. Sangatlah penting bagi Anda untuk tahu cara menghadapi orang yang membuat Anda sebal. Jadi, alih-alih fokus pada hal negatif dari orang tersebut, fokuslah pada alasan mengapa Anda bisa begitu tak sukanya dengan orang tersebut. Kadang apa yang tidak kita sukai dari orang lain sebenarnya adalah apa yang tak kita sukai dari diri sendiri.

6. Berhenti sejenak dan mengambil nafas dalam

Beberapa tindakan orang lain bisa membuat kita tak bersemangat. Jika Anda menghadapi hal seperti ini, belajarlah untuk menahan diri. Caranya, berhenti sejenak lalu hirup nafas dalam-dalam. Dengan demikian, Anda bisa mentralkan pikiran Anda dan meneruskan percakapan dengan orang tersebut tanpa harus membuat penghakiman yang tak perlu.

7. Mengatakan kebutuhan kita kepada orang yang tidak kita sukai

Jika ada seseorang yang terus-terusan membuat Anda sebal, cobalah dengan lembut mengatakan padanya bahwa tindakan dan cara berkomunikasinya tidak cocok dengan Anda. Pilihlah kata-kata yang tidak kasar. Kemudian tunggulah reaksinya. Dari sini, kadang Anda akan tahu alasan mengapa mereka bisa bertindak begitu menyebalkan.

8. Memberi jarak dengan orang yang tak mereka sukai

Jika cara lainnya tak mempan, cobalah untuk menciptakan jarak dengan orang yang tak Anda sukai. Ucapkan permisi dan menghindarlah. Memang ada kalanya ada orang-orang yang harus dihindari. Dengan menghindar dan memberi jarak, mungkin nantinya Anda akan menjadi lebih nyaman untuk kembali dan berinteraksi lagi dengan orang tersebut.

 

Sumber: www.lifehack.org

Tags : hubungankomunikasi