close
memanjangkan rambut

Rambut panjang adalah idaman sebagian besar wanita karena rambut panjang merupakan simbol kedewasaan dan kepercayaan diri. Namun, sayangnya, banyak wanita yang mengeluhkan bahwa mereka tidak bisa memanjangkan rambut. Atau, kalaupun bisa, prosesnya sangat panjang dan lama.

Berikut ini adalah beberapa trik memanjangkan rambut yang cukup mudah dilakukan dengan hasil yang dijamin memuaskan.

1. Lakukan pemotongan secara teratur

Walaupun pemotongan teratur untuk menghilangkan rambut bercabang tak akan memanjangkan rambut dengan cepat, cara ini akan memelihara ujung rambut terlihat tetap sehat dan mencegah rambut bercabang memanjang hingga ke atas. Dengan demikian, rambut akan menjadi lebih sehat dan bebas cabang.

2. Gunakan kondisioner setiap kali keramas

Jika rambut Anda basah, itu artinya Anda harus menggunakan kondisioner. Kondisioner membantu mengganti protein dan lipid dari helai rambut sekaligus mengunci kutikula yang mencegah kerusakan sehingga rambut bisa tumbuh panjang dan sehat.

3. Jangan keramas setiap kali Anda mandi

Banyak wanita yang tidak menggunakan kondisioner selepas keramas. Padahal, khususnya jika Anda ingin memanjangkan rambut, kondisioner tidak boleh ditinggalkan dan sampolah yang harus dikurangi pemakaiannya. Fungsi sampo adalah menghilangkan kotoran dan penumpukan sisa produk tapi sampo juga bisa mengambil minyak alami esensial yang menjaga rambut tetap lembut dan sehat. Ketika memang butuh sampo, usahakan hanya digunakan pada bagian kulit kepala dan membiarkan helai rambut terkena airnya saja.

4. Sisir rambut Anda dengan benar

Menyisir rambut secara terus menerus bisa menyebabkan kerusakan rambut. Ketika Anda menyisir rambut yang basah dan kusut, mulailah dari bawah kemudian bergerak ke atas. Jika Anda bergerak dari atas ke bawah, kekusutan akan bergerak ke bawah dan berkumpul di ujung. Akibatnya, akan semakin banyak rambut yang rontok.

5. Jangan membungkus rambut dengan handuk besar

Membungkus rambut dengan handuk tebal bisa menyebabkan kerusakan parah. Rambut akan terjebak dalam serat-serat handuk. Selain itu, ketika Anda mengikat handuk dengan kencang, rambut-rambut halus di sekitar kening kemungkinan besar akan ikut rusak juga. Pilihlah handuk kecil khusus rambut untuk mengeringkan rambut Anda.

6. Ubah penempatan kuncir kuda

Dengan mengubah penempatan kuncir kuda, rambut akan terus tumbuh kuat dan bebas dari kerusakan.

7. Bilas rambut dengan air dingin setiap selesai mandi

Air dingin akan menghaluskan bagian terluar rambut, yang akan mencegah hilangnya kelembaban rambut. Selain itu, hal ini juga mencegah kerusakan karena panas. Anda hanya perlu melakukannya beberapa detik, tapi langkah ini akan memberi dampak besar untuk rambut Anda.

 

Sumber: www.cosmopolitan.com

Tags : kecantikanrambuttips kecantikan