close
internet banking

Anda sering melakukan transaksi perbankan dengan menggunakan internet banking? Entah itu untuk membayar tagihan, transfer dana, atau transaksi lainnya. Internet banking jadi favorit karena sangat memudahkan penggunanya. Itu artinya, kita tidak perlu antri di bank seperti biasanya, entah itu di depan teller atau mesin ATM.

Namun, fasilitas ini harus digunakan secara aman untuk menghindarkan hal-hal yang tidak diinginkan, berikut ini adalah tips aman dalam menggunakan internet banking.

1. Ganti password secara teratur

Ketika pertama kali Anda login kea kun internet banking Anda, Anda akan menggunakan password yang diberikan oleh bank. Namun, Anda harus segera mengubah password tersebut agar akan Anda aman. Nah, agar lebih aman lagi, Anda perlu mengubah password Anda secara berkala. Lebih penting lagi, jagalah kerahasiaan password Anda sepanjang waktu.

2. Hindari komputer umum ketika login

Hindari login ke akun Anda melalui komputer bersama seperti di cyber café atau perpustakaan. Tempat ini sangat ramai dan akan lebih mudah bagi password Anda untuk dilacak atau dilihat oleh orang lain. Jika Anda harus login di tempat-tempat seperti ini, pastikan Anda bersihkan semua cache dan browsing history dan hapus semua file-file sementara dari komputer. Dan juga, jangan pernah mengijinkan komputer untuk mengingat ID dan password Anda.

3. Jangan beritahukan informasi apapun kepada siapapun

Bank Anda tidak akan pernah meminta informasi rahasia Anda melalui telepon atau email. Jadi, jika Anda mendapatkan panggilan telepon atau email yang meminta informasi rahasia Anda, jangan sekalipun memberikannya. Gunakan ID dan password login Anda hanya pada halaman login resmi bank yang harus merupakan website aman. Ciri dari website aman adalah munculnya https:// pada url.

4. Periksan akun tabungan Anda secara rutin

Periksa akun Anda setelah melakukan transaksi online. Periksalah apakah jumlah yang dikurangkan pada akun Anda sesuai. ika Anda melihat perbedaan dalam jumlah, segera informasikan kepada bank.

5. Selalu gunakan software anti-virus berlisensi

Untuk melindungi komputer Anda dari virus baru, pastikan bahwa Anda selalu menggunakan software anti-virus berlisensi. Versi bajakan dari software anti-virus mungkin tersedia secara gratis, tapi mungkin versi tersebut tidak dapat melindungi komputer Anda dari virus baru yang lazim di dunia online. Selain itu, Anda akan mendapatkan pemberitahuan untuk update dalam perangkat lunak secara berkala. Pastikan Anda terus meng-update anti-virus tersebut sehingga informasi rahasia Anda selalu dilindungi.

6. Matikan koneksi internet ketika tidak sedang digunakan

Sebagian besar pengguna broadband tidak memutuskan sambungan internet di komputer mereka ketika mereka tidak menggunakannya. Hacker jahat dapat mengakses komputer Anda melalui koneksi internet dan mencuri informasi perbankan rahasia Anda. Agar data Anda tetap aman, pastikan Anda memutuskan sambungan internet ketika Anda tidak memerlukannya.

7. Ketik URL bank Anda di browser

Lebih aman mengetik URL langsung pada browser daripada mengklik link yang diberikan dalam email. Banyak kasus penipuan yang berasal dari email palsu seperti ini. Dalam email yang dikirim terdapat link palsu. Setelah Anda memasukkan rincian login Anda di website tersebut, penipu dapat menggunakannya untuk mengakses akun Anda dan mencuri uang Anda.

 

Sumber: www.hdfcbank.com

Tags : belanja bijakinternet bankingperbankan