close
tips berbicara depan umum dari simon sinek

Simon Sinek adalah pembicara TED Talks yang paling banyak dicari. Padahal, dia sebenarnya pemalu dan tidak suka berbicara di depan umum. Lalu bagaimana sang introvert ini bisa menjadi pembicara TED Talks yang sangat handal.

Berikut ini tips public speaking dari Simon Sinek untuk membantu Anda berbicara di depan umum.

1. Jangan berbicara langsung

Sinek mengatakan Anda tidak boleh berbicara saat Anda berjalan di atas panggung dan biasanya jadi terdengar agak bergetar. Itu menunjukkan rasa takut dan tidak aman. Sebaliknya, Anda harus berjalan ke tengah panggung dalam diam. Ambil nafas dalam, temukan tempat Anda, tunggu beberapa detik, dan mulai.

2. Anda tampil untuk memberi, bukan meminta

Sering kali orang memberikan presentasi untuk menjual produk atau ide, untuk membuat orang mem-follow mereka di media sosial, membeli buku-buku mereka atau bahkan hanya ingin yang datang menyukai mereka. Ketika pembicara melakukan ini, mereka akan memutuskan koneksi dengan penonton. Pembicara yang baik adalah yang mampu memberi atau menginspirasi mereka yang menonton.

3. Lakukan kontak mata dengan penonton satu per satu

Jika Anda hanya melakukan scanning, Anda terputus dengan semua penonton yang ada. Akan jauh lebih mudah dan efektif jika Anda langsung melihat penonton secara spesifik selama presentasi Anda. Kalau bisa, lihatlah pada satu orang sambil menyelesaikan satu kalimat, lalu berpindah ke orang lain pada kalimat berikutnya.

4. Bicaralah dengan lambat

Ketika Anda gugup, bukan hanya detak jantung yang menjadi cepat, tapi juga kata-kata Anda. Mereka ingin setiap pembicara sukses di atas panggung. Tapi semakin Anda tergesa-gesa, penonton akan jadi semakin tidak semangat.

5. Abaikan penentang

Abaikan orang-orang yang mengerutkan alis mereka, menyilangkan lengan mereka, atau menggelengkan kepala mereka. Sebaliknya, fokuslah pada mereka yang terlibat dalam presentasi Anda, mengangguk, dan mengatakan “ya”. Jika Anda menemukan penonton yang berinteraksi positif dengan Anda, Anda akan jauh lebih percaya diri dan santai daripada jika Anda mencoba untuk meyakinkan para penentang.

6. Ubahlah kegugupan menjadi kegembiraan

Sinek belajar trik ini saat menonton Olimpiade. Beberapa tahun yang lalu ia melihat wartawan mewawancarai atlet dan bertanya “Apakah kalian tegang?”, dan semua menjawab “Tidak, kami sangat bersemangat.” Ketika Anda sampai di atas panggung Anda mungkin akan mengalami hal yang sama. Saat itulah Sinek mengatakan Anda harus mengatakan kepada diri sendiri dengan suara keras “Saya tidak gugup, saya bahagia.”

7. Ucapkan terima kasih setelah selesai

Tepuk tangan adalah hadiah, dan ketika Anda menerima hadiah, satu-satunya yang bisa Anda lakukan adalah mengucapkan terima kasih. Dan dua kata inilah yang digunakan Sinek untuk mengakhiri presentasinya: terima kasih.

 

Sumber: www.entrepreneur.com

Tags : kisah sukseskomunikasipublic speaking