close
BisnisInfoKepemimpinan

7 Tanda yang Menunjukkan Sifat Kepemimpinan Mungkin Ada pada Diri Anda

sifat kepemimpinan

Banyak orang yang tak menyadari bahwa mereka memiliki sifat kepemimpinan. Nah, jika ciri-ciri berikut ada pada Anda, bukan tidak mungkin Anda memang berjiwa pemimpin.

1. Anda realistis dan optimis

Anda menerima bahwa hidup itu unik dan seperti ini adanya. Anda mau berhadapan dengan kenyataan tapi Anda optimis mengenai masa depan dan kehidupan yang positif. Anda percaya bahwa akan selalu ada cara untuk menghadapi segala situasi.

2. Anda suka belajar

Anda selalu terbuka untuk belajar hal-hal baru, bahkan Anda secara aktif mencari pengetahuan dan informasi baru yang dapat meningkatkan kemampuan Anda untuk menjadi orang yang lebih baik. Anda suka belajar dari orang lain dan secara aktif mencari informasi dari orang-orang yang Anda temui.

3. Anda pendengar yang baik

Anda adalah pendengar yang baik ketika banyak orang datang kepada Anda untuk menceritakan masalah mereka dan meminta pendapat. Anda mau mendengarkan dengan seksama, dan berbicara hanya ketika tepat waktunya untuk memberi pendapat.

4. Anda melihat potensi dari orang lain

Anda menyukai dan mudah berhubungan dengan segala jenis manusia. Anda juga sangat intuitif dan akan mengenali dengan cepat kemampuan potensial dari orang yang Anda temui.

5. Anda orang yang baik

Anda memiliki empati kepada orang lain dan Anda percaya bahwa berbuat baik kepada orang lain tidak akan membuat Anda terlihat lemah. Justru Anda percaya bahwa hal inilah yang menguatkan Anda.

6. Anda bisa berkomunikasi dengan baik

Anda bisa menyampaikan pikiran dan pendapat Anda kepada orang lain. Anda juga paham bagaimana tanggapan orang lain terhadap pesan yang Anda sampaikan. Sangat jarang sekali perkataan Anda menimbulkan kebingungan atau kesalahpahaman.

7. Anda percaya diri

Anda tahu siapa Anda, apa yang Anda bisa, dan apa yang tidak Anda bisa. Anda menerima bahwa Anda bertanggung jawab atas tindakan dan perilaku Anda sendiri. Anda tidak akan menyalahkan orang lain dan akan mengakui Anda salah dan telah melakukan kesalahan tanpa sedikitpun merasa ragu-ragu.

Selain percaya diri, seorang dengan sifat kepemimpinan juga akan mencintai diri mereka sendiri. Artinya, mereka tidak akan merasa minder dengan dirinya, tak akan menyalahkan diri sendiri atas berbagai hal, dan masih banyak lag.

 

Sumber: www.lifehack.org

Tags : bisniskepemimpinan