close
InfoKeuanganPerencanaan

7 Tanda-Tanda Anda Perlu Mengubah Cara Anda Mengatur Keuangan

tanda anda perlu mengubah pengelolaan uang

Beberapa orang memang memiliki keahlian mengelola keuangan mereka. Mereka melakukan perencanaan dan menabung setiap bulannya, dan berusaha patuh pada anggaran yang dibuat serta sebisa mungkin terbebas dari hutang.

Jika Anda belum sampai di titik ini, Anda mungkin perlu mengubah beberapa hal tentang cara Anda menangani keuangan Anda. Berikut ini adalah tanda-tanda bahwa Anda perlu mengubah cara Anda menangani keuangan Anda saat ini.

1. Mengandalkan kartu kredit

Menggunakan kartu kredit untuk suatu kebutuhan yang sangat darurat memang wajar, tapi jika Anda terus menerus bergantung pada kartu kredit setiap bulannya, ini tanda Anda perlu mengubah cara Anda menangani keuangan Anda. Langkah pertama untuk memecahkan masalah ini adalah memulai membuat anggaran yang solid sehingga Anda bisa mengidentifikasi dimana Anda melakukan pengeluaran berlebih serta masalah-masalah lainnya.

2. Pembayaran yang telat

Memang mungkin suatu kali Anda lupa membayar tagihan, tapi jika pembayaran yang telat ini terjadi setiap bulan, ini tanda ada sesuatu yang serius tengah terjadi. Ada dua alasan umum untuk keterlambatan pembayaran ini. Satu, Anda pelupa, dan Anda dapat mengatasi ini dengan menjadwalkan pembayaran Anda secara otomatis atau membayar semua tagihan Anda sekaligus di awal bulan. Atau dua, Anda tidak memiliki uang untuk membayar tagihan tepat waktu. Jika hal ini terjadi, anggaran dan beberapa perencanaan yang matang biasanya dapat membantu Anda membayar semua tagihan tepat waktu.

3. Tidak bisa tidur di malam hari karena memikirkan uang

Jika Anda sering terjaga di malam hari khawatir tentang keuangan Anda atau bagaimana Anda akan menutupi biaya, sudah pasti Anda perlu perubahan dalam mengelola keuangan. Jika Anda telah mengalokasikan dana sesuai anggaran dan Anda juga menabung untuk dana darurat, Anda pasti akan bisa tidur dengan nyenyak.

4. Tak ada komunikasi dengan pasangan

Setelah Anda menikah, penganggaran menjadi lebih rumit. Anda bisa melakukan pemborosan tanpa disadari karena Anda berdua melakukan pengeluaran pada saat yang sama. Memang rumit jika Anda mau menggabungkan keuangan Anda dengan pasangan. Langkah pertama adalah menyiapkan anggaran dengan pasangan Anda, dan kemudian melakukan pertemuan rutin untuk membahas anggaran.

5. Tidak ada anggaran

Jika Anda beroperasi tanpa anggaran, kini saatnya Anda memulainya. Anggaran ini sangat penting untuk mengatur keuangan secara keseluruhan, termasuk pembayaran tagihan, dll. Jika Anda tidak memiliki anggaran, terlalu mudah untuk berbohong kepada diri sendiri tentang keuangan Anda. Anda harus membuat anggaran Anda sekarang.

6. Jumlah utang yang luar biasa banyak

Jika Anda memiliki jumlah utang yang besar, Anda perlu untuk mulai membuat perubahan hari ini. Anda bisa membaca buku Total Money Makeover tulisan Dave Ramsey atau buku sejenisnya untuk membantu Anda mengelola keuangan dan keluar dari hutang.

7. Anda kehabisan uang terlalu cepat setiap bulannya

Jika Anda terus-menerus berjuang di akhir bulan untuk bisa bertahan dan Jika Anda terus-menerus berjuang di akhir bulan untuk semua biaya, Anda mungkin memiliki masalah arus kas. Dalam hal ini, anggaran super super dibutuhkan.

 

Sumber: moneyfor20s.about.com

Tags : perencanaan