close
steve jobs

Pengaruh Steve Jobs dalam kehidupan manusia memang sangat besar. Dia sangat penuh dengan semangat dan inspirasi. Meskipun telah meninggal dunia, banyak sekali yang masih mengagumi sosoknya dan menjadikan sifat-sifatnya sebagai panutan.

Berikut ini adalah tips sukses dari Steve Jobs yang patut kita tiru.

1. Lakukan apa yang Anda cintai

Steve pernah berkata bahwa ‘Orang-orang dengan gairah bisa mengubah dunia menjadi lebih baik’. Dia telah bekerja di berbagai bidang sebelum akhirnya menemukan apa yang membuatnya benar-benar bersemangat. Dan inilah intinya. Kita harus punya passion; kita harus melakukan apa yang kita cintai.

2. Selalu milikilah visi yang luas

Steve pernah menanyai mantan Presiden Pepsi, John Sculley ‘Apakah Anda ingin menghabiskan hidup Anda menjual air gula atau Anda ingin mengubah dunia?’ Intinya, di sini adalah kita harus memiliki visi yang sangat besar. Dan vi situ harus bertujuan untuk dunia dan orang banyak.

3. Membuat koneksi

Steve pernah mengatakan bahwa kreativitas adalah kemampuan untuk menghubungkan banyak hal. Maksudnya adalah orang-orang dengan pengalaman hidup yang luas sering melihat hal-hal yang terlewat di mata orang lain. Dia mengambil kelas kaligrafi yang tidak memiliki penggunaan praktis dalam hidupnya sampai akhirnya dia membangun Macintosh. Steve melakukan perjalanan ke India dan Asia. Ia belajar desain dan perhotelan. Dia selalu berusaha menghubungkan ide-ide dari berbagai bidang.

4. Katakan tidak pada 1000 hal

Steve bangga dengan apa yang tidak dipilih oleh Apple karena dialah sumber dari apa yang dipilih dan dilakukan oleh Apple. Ketika ia kembali ke Apple pada tahun 1997, dia mengambil sebuah perusahaan dengan 350 produk dan menguranginya hingga tinggal 10 produk. Alasannya adalah agar dia bisa memasukkan Tim A pada masing-masing produk.

5. Buatlah pengalaman yang sangat berbeda

Steve juga mencari inovasi dalam pengalaman layanan pelanggan. Ketika ia pertama kali mengajukan konsep Apple Store, ia mengatakan hal ini akan berbeda karena toko tersebut akan memperkaya hidup manusia. Inilah yang menciptakan hubungan emosional antara Anda dan merek Apple.

6. Ketahui cara berkomunikasi dengan baik

Anda boleh saja memiliki ide-ide terbaik di dunia. Namun, jika Anda tidak dapat mengkomunikasikan ide-ide Anda, semua tidak aka nada artinya. Alih-alih hanya memberikan presentasi seperti kebanyakan orang, ia memberitahu, mendidik, menginspirasi, dan menghibur dalam satu presentasi.

7. Juallah mimpi, bukan produk

Steve sangat memahami pelanggannya. Dia tahu bahwa tablet tidak akan menangkap imajinasi kita jika dibuat terlalu rumit. Hasilnya? Cukup satu tombol di bagian depan iPad. Sangat sederhana, bahkan anak usia 2 tahun pun bisa menggunakannya. Pelanggan tidak peduli dengan produk Anda. Mereka peduli diri mereka sendiri, harapan mereka, ambisi mereka. Steve mengajarkan bahwa jika Anda membantu pelanggan Anda mencapai impian mereka, Anda akan memenangkan mereka.

 

Sumber: www.entrepreneur.com

Tags : entrepreneurkisah suksessteve jobs