close
BisnisKepemimpinanTips

7 Pertanyaan Wawancara Karyawan Baru untuk Mengetahui Kecerdasan Emosional Mereka

wawancara karyawan baru

Menentukan siapa yang Anda gaji untuk menjadi karyawan perusahaan Anda sangat penting dalam pembentukan budaya perusahaan nantinya. Untuk itu, Anda harus menemukan pertanyaan wawancara karyawan yang tepat dan sesuai. Salah satu penentu kesuksesan perusahaan, selain nilai dan budaya, adalah kecerdasan emosional dari setiap orang yang ada di perusahaan tersebut.

Berikut ini adalah 7 pertanyaan yang bisa Anda tanyakan saat wawancara calon karyawan baru untuk mengetahui tingkat kecerdasan emosional mereka.

1. Siapa yang menginspirasi Anda dan mengapa?

Jawaban calon karyawan untuk pertanyaan ini bisa memberi Anda petunjuk tentang tokoh seperti apa yang telah membentuknya. Anda bisa mengetahui pola perilaku mereka pula dari jawaban ini.

2. Jika Anda akan memulai suatu usaha, sebutkan tiga nilai utama yang akan diemban?

Setiap hubungan yang baik dimulai dengan kepercayaan dan nilai-nilai selaras. Jawaban dari calon karyawan pada pertanyaan ini akan memberitahu Anda mengenai prioritas, serta kejujuran dan integritas mereka.

3. Jika prioritas perusahaan berubah, jelaskan bagaimana Anda akan membantu tim Anda memahami dan melaksanakan tujuan yang juga ikut berubah?

Pergeseran prioritas terjadi di setiap perusahaan dan setiap pekerjaan. Jadi, carilah kandidat yang fleksibel dan memiliki keterampilan untuk membantu melaksanakan perubahan tersebut. Keterampilan ini akan membantu karyawan bekerja lebih baik dalam tim

4. Apakah persahabatan Anda tetap terjalin dengan teman dari perusahaan Anda dulu?

Dibutuhkan waktu bagi orang untuk membangun suatu hubungan, dan orang yang mampu melakukannya memiliki kecerdasan emosional yang baik. Persahabatan yang bertahan lama menunjukkan bahwa orang tersebut peduli terhadap hubungan dan kepedulian terhadap orang lain.

5. Ketrampilan atau keahlian apa yang rasanya belum Anda kuasai?

Rasa ingin tahu dan keinginan untuk belajar adalah tanda-tanda vital bahwa karyawan Anda ingin menjadi lebih baik pada suatu hal. Orang yang kesulitan menjawab ini adalah orang yang berpikir bahwa mereka telah mengetahui semuanya.

6. Apakah Anda bisa mengajari saya sesuatu, seolah saya belum pernah mendengarnya sebelumnya? (Sesuatu itu bisa apa saja, mulai dari ketrampilan, pelajaran, atau puzzle).

Jawaban calon karyawan untuk pertanyaan ini bisa mengungkapkan beberapa kualitas:
– Apakah orang tersebut mau berpikir sebelum berbicara
– Apakah orang tersebut mempunyai kemampuan teknis untuk menjelaskan sesuatu kepada orang yang kurang memiliki pengetahui terhadap hal tersebut
– Apakah orang tersebut mau mengajukan pertanyaan empati kepada orang yang diajarinya “apa yang saya ajarkan ini bisa dipahami?”

7. Faktor apa yang berhubungan dengan kesuksesan Anda?

Jawaban nomor 7 dari contoh pertanyaan wawancara karyawan baru ini dapat menentukan apakah seseorang tersebut egois atau tanpa pamrih. Ketika orang tersebut membicarakan kesuksesan, perhatikan apakah dia hanya mengatakan “saya, saya, saya” ataukah juga melibatkan kata seperti “tim”, “kita” atau “kami”.

Walaupun mengetahui sifat dan kepribadian karyawan Anda sangatlah penting, tak ada salahnya mengetahui juga jenis pengusaha macam apa Anda.

 

Sumber: www.entrepreneur.com

Tags : kepemimpinan