close
makanan yang dihindari sebelum naik pesawat

Apa yang Anda makan sebelum naik pesawat bisa mempengaruhi apa yang Anda rasakan di atas atau bahkan ketika mendarat. Beberapa makanan harus Anda hindari karena bisa membuat perut kembung, sakit, atau beberapa masalah lainnya.

Berikut ini adalah makanan yang harus Anda hindari saat akan naik pesawat.

1. Fast food atau gorengan

Anda tergoda untuk makan makanan cepat saji saat di bandara? Anda harus tahu bahwa kerja pencernaan akan semakin sulit ketika berada di ketinggian 35,000 kaki. Jika Anda menambahkan makanan dengan lemak jenuh ke dalam sistem sistem pencernaan Anda, maka Anda perlu bersiap menghadapi mulas atau sakit perut. Para ilmuwan juga telah menemukan bahwa makan lemak jenuh dapat membatasi aliran darah, yang dapat meningkatkan risiko deep vein thrombosis (DVT).

2. Alkohol

Beberapa orang, meskipun tahu itu dilarang, masih suka mengkonsumsi alkohol. Padahal, alkohol bisa menyebabkan dehidrasi dan hal ini akan diperparah dengan keadaan di pesawat yang kurang kelembaban. Mungkin Anda bisa merasa enakan sesaat, tapi ketika naik pesawat, alkohol yang Anda minum akan membuat Anda merasa tak nyaman dan kekeringan. Dan pada ketinggian tertentu, alkohol bisa memiliki efek yang diluar perkiraan Anda.

3. Sayuran dari genus Cruciferae

Kabin pesawat sangatlah bertekanan, tapi itu tidak sama dengan yang Anda rasakan ketika masih di tanah. Apakah Anda tahu bahwa setelah lepas landas, tekanan udara di dalam kabin berkurang, menyebabkan udara kabin mengembang sebanyak 30%? Hal ini dapat menyebabkan tertelannya udara dan gas di lambung dan usus kecil, yang menyebabkan rasa tidak nyaman dan kembung. Anda bisa meminimalkan efek ini dengan menghindari brokoli, kembang kol, dan sayuran lainnya yang dapat meningkatkan kembung.

4. Minuman berkarbonasi

Minuman berkarbonasi juga bisa menyebabkan kembung. Gelembung yang ada dalam minuman akan berkumpul di perut dan menimbulkan rasa tak nyaman.

5. Permen dan permen karet bebas gula

Produk bebas gula merupakan idaman orang yang sedang menjalani diet dan penderita diabetes, tetapi permen semacam ini biasanya mengandung pemanis buatan. Sayangnya, tubuh manusia tidak dirancang untuk memproses gula sintetis dengan baik, dan hal ini akan menyebabkan kembung, dan bisa memiliki efek seperti pencahar. Ketika Anda makan permen atau permen karet bebas gula, bacalah label peringatan tentang efek samping yang tidak menyenangkan.

6. Bawang putih

Bawang putih memang lezat tapi makanan ini bisa menyebabkan bau badan dan bau mulut. Bawang putih mengandung senyawa sulfat yang diserap ke dalam aliran darah dan paru-paru. Bahkan jika Anda menggosok gigi, nafas masih akan tetap bau. Jadi, untuk menghormati teman duduk Anda di pesawat, hindari makan bawang putih.

7. Air, es, kopi, dan teh yang disediakan oleh pesawat

Sangat penting untuk tetap terhidrasi selama penerbangan, tetapi Anda lebih membawa minuman Anda sendiri. Banyak ditemukan bukti bahwa air di beberapa pesawat tidak layak dan mengandung bakteri e.coli serta kuman. Kecuali mungkin Anda membeli air dalam kemasan.

 

Sumber: www.smartertravel.com

Tags : bandaramakananpanduan wisataperjalanan dengan pesawat