close
meningkatkan kekuatan otak

Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kekuatan otak, entah itu mengenai ketahanan, kinerja, ataupun keseluruhan kesehatan otak. Salah satu caranya adalah dengan memakan makanan yang tepat. Lalu, makanan apa saja yang bisa meningkatkan kekuatan otak kita? Baca artikel ini sampao tuntas untuk info selengkapnya.

1. Minyak Zaitun

Anda suka menggunakan minyak zaitun sebagai dressing salad, ataupun sekedar untuk campuran makanan? Selain meningkatkan rasa makanan, ternyata minyak zaitun juga baik untuk meningkatkan kekuatan otak Anda. Menurut Annals of Neurology, minyak zaitun dan produk lain yang tinggi lemak tak jenuh tunggal dan rendah lemak jenuh bisa meningkatkan fungsionalitas kognitif Anda pada waktu sekarang dan di masa depan. Jadi, jangan lupa tambahkan minyak zaitun dalam makanan Anda untuk meningkatkan kinerja otak Anda.

2. Bayam

Ingat Popeye yang selalu minum bayam sebagai sumber kekuatan? Nah, menurut para peneliti di Tufts University, sayuran berdaun hijau gelap ini (begitu juga sayuran berdaun hijau gelap lainnya), mampu meningkatkan memori dan jumlah lutein yang baik untuk mencegah degradasi makula. Dengan demikian, bayam termasuk jenis makanan untuk kesehatan otak.

3. Brokoli

Brokoli memang sangat kaya akan nutrisi, antara lain kalsium, serat, vitamin C, folat, dan polifenol. Brokoli juga mengandung agen pelawan kanker. Dan berkaitan dengan kemampuan otak, brokoli mampu memperlambat penurunan kognitif yang terkait dengan penuaan.

4. Kenari

Semua kacang-kacangan dan biji-bijian sebenarnya banyak memiliki manfaat kesehatan tapi kenari-lah yang bisa dibilang sebagai pilihan terbaik. Kenari merupakan satu-satunya kacang yang mengandung alpha linolenic acid, yang sangat penting untuk oksigenasi otak yang tepat. Studi juga menunjukkan bahwa kenari dapat membantu membalikkan beberapa kerusakan yang disebabkan oleh penyakit Alzheimer, termasuk kehilangan memori dan masalah belajar.

5. Buah berry

Buah-buahan berry ternyata selain lezat juga mampu melindungi otak Anda dari penurunan kognitif di masa depan. Para peneliti percaya bahwa stroberi dan blueberry adalah pilihan terbaik untuk kesehatan otak. Penilitian dari tahun 1970 hingga 2012 menunjukkan bahwa konsumsi berry paling tidak seminggu sekali dapat menghentikan penurunan kesehatan otak.

6. Gandum

Gandum adalah salah satu sumber kolin alami terbaik. Kolin baik untuk fungsi membran, dan sangat penting untuk meningkatkan kesehatan otak. Jika kadar kolin Anda turun, Anda akan mengalami beberapa masalah memori, kelelahan, dan sakit kepala. Selain gandum, kolin juga bisa ditingkatkan dengan konsumsi telur dan Alpha GPC.

7. Jus bit

Tim peneliti dari Wake Forest University menyimpulkan bahwa konsumsi jus bit akan meningkatkan jumlah darah yang mengalir ke otak sehingga berdampak baik untuk kesehatan otak serta dapat mengurangi resiko terkena demensia. Karena itulah, jus bit adalah makanan yang baik untuk kesehatan otak.

 

Sumber: www.pickthebrain.com

Tags : makananotak