close
pulih dari kegagalan

Jika Anda tidak bisa pulih setelah mengalami suatu kegagalan, Anda tak akan bisa mencapai banyak hal dalam hidup Anda. Kita semua pernah berbuat kesalahan dan pernah gagal, tapi bahkan kegagalan seburuk apapun tidak seharusnya menghentikan Anda dalam mencapai impian dan tujuan. Cara kembali bangkit dalam kehidupan sangat bergantung pada respon Anda dan sikap Anda setelah Anda terjatuh.

Berikut ini 7 cara untuk memulihkan diri setelah mengalami kegagalan.

1. Meminta maaf

Jika kegagalan yang terjadi disebabkan oleh kesalahan Anda, maka bersikaplah rendah hati untuk mengakui kesalahan dan meminta maaf. Mengambil tanggung jawab atas tindakan Anda bukanlah sesuatu yang buruk untuk dilakukan. Luangkan waktu dengan Tuhan untuk mencari pengampunan. Anda juga perlu minta maaf kepada orang-orang yang Anda sakiti. Tuhan akan memaafkan Anda dengan mudah, tapi mungkin tidak sama halnya dengan orang-orang tersebut. Tanggung jawab Anda hanyalah meminta maaf, bukan mengendalikan respon mereka.

2. Mengganti arah

Setelah melakukan kesalahan yang berujung kegagalan, Anda harus segara menggant arah. Anda tidak bisa berharap untuk pulih jika Anda terus mengulangi kesalahan yang sama. Selain itu, melakukan kesalahan yang sama hanya dilakukan oleh orang bodoh.

3. Bangun perlindungan/akuntabilitas

Berpikir bahwa hal itu tak mungkin terjadi lagi adalah hal bodoh. Hal itu tidak akan terjadi jika Anda melindungi diri. Anda telah merusak beberapa hal dalam diri Anda, termasuk kepercayaan diri dan motivasi, dan tergantung pada ukuran kegagalannya, Anda mungkin harus melatih diri untuk tidak membiarkan kesalahan yang sama terjadi lagi.

4. Memaafkan diri sendiri

Selain meminta maaf, Anda juga harus berpikir untuk memaafkan diri sendiri. Seringkali hal yang paling sulit untuk dilakukan adalah melepaskan rasa bersalah dan bergerak maju, tetapi jika Tuhan bisa memaafkan Anda, mengapa Anda tidak bisa memaafkan diri sendiri?

5. Tetaplah kuat

Anda akan menerima godaan yang sama lagi. Anda akan memiliki kesempatan lebih lanjut untuk mengulangi kesalahan yang sama. Jangan biarkan keadaan tersebut mengontrol hidup Anda. Perkuat diri Anda, salah satunya dengan doa. Dekatkan diri juga dengan mereka yang yakin Anda akan kuat, bukan mereka yang memberi Anda energi negatif.

6. Tetapkan tujuan baru

Bermimpilah lagi. Cari daerah baru di mana Anda dapat berhasil. Ini mungkin salah satu langkah yang paling penting. Jangan lewatkan hal ini. Tujuan ini akan membantu Anda maju ke depan.

7. Jangan menoleh ke belakang

Setelah semua yang Anda lakukan, jangan sekali-kali menoleh ke belakang. Hal ini hanya akan menghalangi langkah Anda untuk maju. Selain itu, hal ini sama sekali tak ada gunanya. Masa lalu adalah masa lalu. Melangkahlah menuju masa depan.

 

Sumber: www.ronedmondson.com

Tags : kegagalanproduktivitas