close
7 Cara Memulai Bisnis Tanpa Harus Berhenti Kerja

Jika ditanya mengapa orang tidak segera memulai bisnis, kebanyakan pasti akan menjawab bahwa mereka takut tidak bisa mendapatkan penghasilan tetap. Alasan ini sebenarnya masuk akal mengingat bahwa memulai bisnis memang menuntut Anda menghadapi risiko, termasuk tidak tetapnya penghasilan. Tapi, masa Anda mau menjadi karyawan selamanya?

Ada cara untuk menengahinya, yaitu memulai bisnis sampingan. Berikut ini adalah beberapa tips memulai bisnis sampingan tanpa harus keluar kerja kantoran.

 

1. Jadikan hobi Anda sebagai bisnis

Yang perlu Anda tahu, memulai bisnis itu sangat menyita waktu. Jadi, lebih baik Anda memulai dari apa yang Anda sukai. Perhatikan apa saja yang biasa Anda kerjakan pada waktu luang. Apa yang menjadi passion Anda? Anda suka masak? Buka bisnis kuliner. Anda suka menulis? Mulailah blogging. Anda juga bisa menggabungkan memasak dengan blogging, yaitu dengan mem-posting langkah-langkah Anda memasak.

 

2. Fokus pada produk, bukan jasa

Kebanyakan karyawan berpikir untuk menggunakan ketrampilan mereka untuk membuka bisnis sampingan, dengan menawarkan jasa misalnya sebagai konsultan, untuk akhirnya membangun bisnis di bidang jasa. Permasalahan dengan bisnis jasa adalah Anda tidak memiliki bisnis, Anda hanya memiliki pekerjaan. Menjual jasa sangat berat karena Anda harus menjual waktu Anda. Jika Anda tidak bekerja, Anda tidak bisa menghasilkan uang. Dan jika Anda seorang karyawan, menjadi freelancer sekaligus bisa sangat melelahkan.

Alih-alih menjual jasa, Anda bisa menjual produk. Misalnya, jika Anda bisa menulis, buatlah buku. Dengan cara ini, Anda akan tetap bisa punya penghasilan meski tidak bekerja.

 

3. Pelajari cara berinvestasi

Cara lain membangun bisnis sampingan adalah dengan membangun bisnis investasi. Misalnya, Anda punya dana, Anda bisa membeli rumah untuk disewakan sebagai tempat kos. Dengan cara ini, Anda bisa tetap bekerja tapi tetap berpenghasilan lebih.

 

4. Jalankan bisnis Anda, jangan berada di dalamnya

Kebanyakan orang yang memulai bisnis, ingin mengerjakan semuanya sendiri. Padahal, Anda bisa memanfaatkan orang lain untuk mengerjakan pekerjaan Anda. Jadi, Anda hanya akan mengawasi dan membangun bisnis Anda, dan tidak ikut bekerja di dalamnya.

Misalnya Anda bisa menerjamahkan. Anda bisa mengambil pekerjaan tersebut lalu meng-sub-kan pada tim penerjemah lainnya. Anda cukup me-review hasil akhir dan menikmati margin labanya. Dengan cara ini, Anda bisa melakukan banyak pekerjaan sekaligus tanpa harus kelelahan, dan tetap bisa menjadi karyawan.

 

5. Buatlah tim yang hebat

Kebanyakan bisnis sampingan memang murah. Mereka mencoba memotong pengeluaran dan mengabaikan pentingnya legal dan accounting. Pada jangka panjang, ini justru akan memakan biaya lebih besar karena untuk masalah seperti hukum dan keuangan, Anda butuh orang yang benar-benar terlatih dan berpengalaman. Jadi, ketika memulai bisnis, buatlah tim yang hebat. Carilah pengacara berpengalaman dan staff accounting yang ahli.

 

6. Buatlah jadwal Anda sendiri

Kebanyakan orang tidak memulai usaha karena merasa tidak memiliki waktu. Kenyataannya, mereka tidak mengatur waktu mereka dengan baik. Jika Anda ingin memulai usaha sembari menjadi pekerja penuh-waktu, Anda harus belajar cara meningkatkan produktivitas dan mengatur waktu. Kurangi waktu nonton TV atau hangout bersama teman, dan kencangkan sabun pengaman Anda untuk segera memulai usaha.

 

7. Manfaatkan teknologi

Ada banyak teknologi yang bsia digunakan untuk memudahkan pengerjaan berbagai macam tugas. Anda bisa memanfaatkan berbagai macam software dan aplikasi untuk email, admin, mengecek pengeluaran dan penghasilan, dll. Anda bisa memanfaatkan software untuk memindai dokumen penting. Manfaatkan cloud untuk memudahkan penyimpanan dan pengiriman data. Lebih baik lagi, Anda punya tim khusus untuk mengatur jalannya penggunaan teknologi ini.

 

Sumber: http://www.richdad.com

Tags : bisnismemulai bisnis