close
alasan buruk untuk memulai bisnis

Banyak yang bilang, jadilah pengusaha apapun alasannya. Padahal, orang yang ragu-ragu biasanya akan gagal. Banyak juga yang menjadi pengusaha karena alasan yang salah. Jika alasan-alasan berikut ini merupakan alasan bagi Anda untuk memulai usaha kecil, sebaiknya Anda tidak perlu menjadi pengusaha.

1. Anda melarikan diri dari sesuatu

Anda mungkin benci dengan pekerjaan Anda atau merasa bahwa bos Anda membenci Anda. Dan Anda berpikir bahwa Anda bisa membuat dan menjalankan perusahaan jauh lebih baik dari bos Anda tersebut. Atau mungkin, pada suatu tinjauan kinerja, kekurangan yang Anda lakukan sebenarnya menurut Anda bukan kesalahan Anda, tapi kesalahan orang lain. Jika ini adalah alasan Anda memulai usaha Anda sendiri, Anda hanya sembunyi dari masalah yang nantinya akan menimbulkan masalah yang lebih besar.

2. Anda ingin kontrol

Anda gila kontrol. Anda berpikir dengan memiliki usaha, Anda bisa mengontrol dan mengendalikan segala sesuatu. Kenyataannya, banyak hal dalam bisnis yang di luar kontrol Anda, seperti apakah pelanggan ingin membeli produk Anda atau tidak.

3. Anda ingin menjadi milyuner

Banyak kisah sukses yang menginspirasi, dimana banyak pengusaha akhirnya menjadi milyuner. Boleh sih berkeinginan tinggi, tapi jangan sampai ekspektasi Anda berlebihan. Memang ada pengusaha milyuner, tapi bisa dihitung jari.

4. Anda ingin terkenal di berbagai media

Anda ingin bisa diliput media seperti Richard Branson. Tapi, ingat, hal itu butuh proses panjang. Kerja keras sangat dibutuhkan untuk mencapai level seperti Richard. Dan bahkan, sebenarnya media sama sekali tidak peduli dengan Anda atau brand Anda, bahkan ketika Anda sudah seterkenal Richard.

5. Anda ingin menghabiskan lebih banyak waktu bersama keluarga

Alasan ini bisa digunakan untuk Anda yang mengerjakan bisnis rumahan, seperti membuat prakarya dan menjualnya di Etsy. Tapi sebenarnya, menghabiskan waktu semakin banyak dengan keluarga berarti menghasilkan lebih sedikit uang, bahkan jika dibandingkan dengan pekerjaan Anda yang sekarang. Dan jikapun Anda bisa bekerja di rumah sambil menjaga anak, Anda tak akan bisa fokus.

6. Saudara Anda juga mau bergabung dalam bisnis ini

Membangun sebuah usaha dengan anggota keluarga memang bagus, tapi harus Anda pastikan Anda dan dia merupakan patner yang solid. Jika tidak, kekompakan tak akan bisa terjaga.

7. Anda pikir Anda akan mendapatkan pinjaman dari bank

Anda tidak punya tabungan yang cukup banyak untuk memulai bisnis, dan Anda pikir sisanya bisa ditanggung dari pinjaman bank yang Anda kira bisa didapatkan dengan mudah. Harusnya, Anda tak boleh seyakin itu. bank sering enggan untuk membiayai bisnis baru yang belum terbukti.

 

Sumber: www.forbes.com

Tags : bisnismemulai bisnis