close
kecemasan perjalanan udara

Apakah naik pesawat membuat Anda keringat dingin? Anda tidak sendirian. Banyak sekali orang yang mengalami kecemasan saat akan melakukan perjalanan dengan pesawat. Jika Anda termasuk dalam kategori ini, Anda mungkin memiliki teman-teman dan keluarga yang mengingatkan Anda berkali-kali bahwa terbang adalah moda transportasi paling aman.

Sementara itu, Anda bisa melakukan banyak hal lain untuk mengobati kegelisahan ini. Berikut ini adalah beberapa trik mudah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kecemasan saat melakukan perjalanan udara.

1. Ketahui fobia Anda

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mencari tahu apa yang memicu rasa takut dalam diri Anda. Aspek yang berbeda dari perjalanan udara dapat memicu ketakutan yang berbeda pada tiap orang—seseorang mungkin takut turbulensi dan merasa gugup selama lepas landas normal, sedangkan individu dengan kecenderungan germaphobic mungkin lebih peduli tentang penyebaran kuman di ruang terbatas. Dengan mengetahui apa yang Anda takutkan, akan lebih mudah untuk menanganinya.

2. Biasakan diri dengan suara pesawat

Banyak suara yang akan terdengar di pesawat, seperti gesekan tas di kabin atau meja di belakang kursi. Anda harus mencari informasi mengenai suara atau bunyi apa saja yang normal terdengar saat penerbangan. Hal ini juga akan memberi Anda banyak pengetahuan tentang seberapa detil pengamanan yang diberikan di setiap penerbangan.

3. Bawa foto tempat tujuan Anda

Memvisualisasikan tujuan Anda dan membayangkan diri Anda di sana bisa menjadi penangkal yang ampuh untuk stres dan kecemasan selama penerbangan. Anda dapat melakukan ini dengan atau tanpa foto, tapi jika Anda membawa citra fisik seperti foto di ponsel misalnya tentu hasilnya akan lebih baik lagi. Anda juga bisa membayangkan diri Anda tengah berada di suatu tempat yang nyaman seperti pantai atau tempat tidur.

4. Hindari kopi (dan alkohol)

Kopi dan alkohol bisa membuat Anda lebih dehidrasi selama penerbangan. Banyak orang yang gugup memilih untuk minum minuman beralkohol padahal alkohol bisa membuat lebih sulit bagi tubuh Anda untuk menyesuaikan diri dengan udara di atas dan jet lag. Sebaliknya, pilihlah air putih untuk minuman Anda selama di pesawat.

5. Baca buku atau nonton film

Maskapai sekarang menyediakan kenyamanan seperti di rumah, seperti saluran musik, dan majalah-untuk membantu mengalihkan perhatian Anda dari suara selama penerbangan, yang mbuat Anda merasa seperti di rumah. Salah satu cara terbaik untuk mengalihkan perhatian Anda selama penerbangan adalah dengan membawa buku favorit Anda yang sudah mulai And abaca sebelumnya atau menonton film yang menarik.

6. Pelajari teknik pernafasan untuk menghilangkan stres

Jika seseorang sangat cemas, bisa sangat sulit bagi mereka untuk mengubah pola pernapasannya. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa mencoba menahan napas, kemudian ambil napas dalam, atau lebih baik lagi, paksa diri Anda membuang nafas selama yang Anda bisa, kemudian ambil nafas panjang, dalam-dalam. Cara pernafasan seperti ini bisa memberi efek menenangkan dan encegah hiperventilasi. Cobalah untuk mempertahankan postur santai juga, dan tidak melekat pada lengan kursi, karena ini dapat meningkatkan kecemasan Anda.

 

Sumber: budgettravel.com

Tags : panduan wisataperjalanan dengan pesawatpsikologi & kejiwaaan