close
BisnisKomunikasiTips

6 Tips Dasar untuk Meningkatkan Ketrampilan Komunikasi Anda

meningkatkan ketrampilan komunikasi

Komunikasi merupakan bagian penting dari kehidupan dan dunia kerja. Untuk menjadi komunikator yang efektif, kita perlu menyadari beberapa tips dasar berikut ini yang bisa kita gunakan dalam pekerjaan dan kehidupan.

1. Tunjukkan Apresiasi

Sebelum masuk ke inti percakapan Anda, pastikan untuk mengekspresikan terima kasih Anda untuk waktu yang disediakan oleh tiap individu. Waktu sangatlah berharga, dan karenanya penting bagi kita menghormati dan memperhatikan hal tersebut. Selain itu, puji atau apresiasi untuk setiap kontribusi positif mereka.

2. Hubungkan diri Anda

Jika mungkin, hubungkan diri Anda secara personal. Siapa tahu ada hobi atau kenangan masa kecil yang sama. Berhati-hatilah untuk menghindari  topik kontroversial seperti kecenderungan politik atau keyakinan agama.

3. Tetap positif

Mempertahankan sikap positif sangat penting untuk menghasilkan komunikasi yang produktif. Daripada berpikir negatif atau mengeluh, lebih baik Anda berpikir konstruktif. Orang akan cenderung mengakhiri komunikasi ketika mereka merasa diserang atau dikritik. Tetaplah menjadi orang yang baik bahkan ketika mengungkapkan kekhawatiran atau ketidaksenangan.

4. Perhatikan nada bicara

Anda memang perlu bersikap tegas ketika menunjukkan maksud Anda, tapi jangan  agresif. Ada garis tipis antara keduanya. Cobalah untuk tidak menyeberanginya. Yakinlah dan katakan to the point dan ucapkan semuanya dengan nada yang tenang.

5. Fokus pada hasil

Sangat penting untuk mencari tahu hasil apa yang akan Anda dapatkan nanti sebelum Anda memulai percakapan. Mengetahui tujuan Anda membantu Anda untuk mengarahkan percakapan dan untuk tetap berada pada jalur. Apa yang ingin Anda capai? Apakah Anda mencoba untuk memberikan bantuan, menyelesaikan konflik, atau berkolaborasi pada proyek tertentu? Apakah Anda mencari saran atau mencoba untuk mempengaruhi perilaku? Hasil yang Anda inginkan membantu untuk menentukan aliran komunikasi.

6. Dengarkan

Kontak mata sangat penting. Bersikaplah sopan dan jangan mengganggu. Tidak ada yang suka diganggu. Dan meskipun sangat normal bagi siapa saja untuk mengungkapkan maksud dan poin, cobalah untuk selalu  menghormati pikiran orang lain. Cobalah untuk memahami perspektif mereka. Selalu jaga agar pikiran Anda tetap terbuka. Berusahalah untuk menjadi pendengar yang baik.

 

Sumber: www.lifehack.com

Tags : komunikasi