close
BisnisStrategi BisnisTips

6 Tips Bagi Pemilik Bisnis untuk Meningkatkan Budaya Perusahaan

meningkatkan budaya perusahaan

Apakah Anda merasa karyawan Anda mulai merasa tidak puas dengan pekerjaan dan karir mereka? Cara terbaik untuk menjaga tingginya angka turnover adalah dengan meningkatkan budaya perusahaan pada level dasar. Seperti apa caranya? Berikut tips yang harus Anda baca.

1. Tentukan budaya perusahaan Anda

Jika budaya perusahaan Anda tidak didefinisikan secara tertulis, Anda akan kesulitan untuk meningkatkannya. Apakah lingkungan kerja Anda dibatasi oleh struktur dan aturan atau lebih santai? Bagaimana perlakuan terhadap karyawan baru? Bagaimana dengan orang yang berasal dari latar belakang berbeda? Apa nilai-nilai inti dari bisnis Anda?

Buatlah pertimbangan yang matang untuk semua pertanyaan ini dan buatlah jawaban yang sejelas-jelasnya dalam sebuah kalimat. Jika Anda belum mempunyai budaya perusahaan yang terdefinisikan, segera buatlah secepatnya.

2. Lakukan review informal

Jika Anda tidak berkomunikasi dengan karyawan Anda secara terus-menerus, Anda mungkin tidak menyadari adanya masalah seperti rendahnya moral atau kebiasaan terlambat ke kantor. Jangan menunggu waktu untuk review formal. Sisihkan waktu setiap minggu dan mulailah percakapan pribadi dengan karyawan terpilih untuk membahas budaya perusahaan.

3. Acara kreatif untuk membangun tim

Ingin membuat acara team building untuk meningkatkan budaya perusahaan? Misalnya, Anda bisa mengadakan acara piknik atau bermain bilyard bersama karyawan Anda untuk meningkatkan kesempatan mengenal satu sama lain lebih baik dalam suasana santai dan menyenangkan, jauh dari kantor. Banyak acara lainnya yang bisa Anda lakukan untuk membangun tim.

4. Tinjau proses penggajian

Pastikan anggota staf SDM dan perekrutan sudah memahami budaya perusahaan dan pastikan mereka menjelaskan hal tersebut pada saat wawancara. Staf SDM tersebut bisa menyingkirkan kandidat yang sepertinya tak cocok dengan perusahaan, dan karyawan potensial bisa mendapatkan pemahaman yang jelas tentang apa rasanya bekerja di sana sebelum mereka menerima tawaran.

5. Menawarkan inventif karyawan

Melembagakan program referral karyawan adalah cara yang bagus untuk meningkatkan budaya perusahaan. Staf Anda pastinya telah memahami jenis pekerja seperti apa yang sedang Anda cari dan bonus referral tentu akan membuat mereka antusias. Jika Anda ingin semua karyawan saling mengenal keluarga masing-masing, Anda bisa membuat acara yang melibatkan keluarga, sehingga hubungan antar karyawan bisa terjaga baik.

6. Jadikan kisah sukses pengusaha lain sebagai bimbingan

Perlu ide mengenai ide-ide apa yang efektif untuk meningkatkan budaya perusahaan? Anda bisa membaca buku tentang kesuksesan orang lain, seperti Bill Gates atau Mark Zuckerberg. Tak harus perusahaan. Kisah tim sepak bola Seattle Seahawks pun bisa Anda jadikan inspirasi.

 

Sumber: www.entrepreneur.com

Tags : bisnisstrategi bisnis