close
wisata kalimantan

Pulau Kalimantan adalah pulau yang menyimpan banyak misteri karena belum terlalu terkspos seperti Jawa. Yang perlu Anda tahu, pulau ini juga menyimpan banyak tempat wisata yang menarik. Apa saja tempat wisata di Pulau Kalimantan yang harus Anda datangi? Ayo baca artikel ini hingga tuntas.

1. Desa Budaya Pampang, Samarinda

Desa Budaya Pampang ini merupakan salah satu obyek wisata andalan Samarinda. Kisah desa ini erat kaitannya dengan semangat nasionalisme. Jadi, pada waktu itu, Suku Dayak Apokayan dan Kenyah yang berdomisili di Kutai Barat dan Malinau memilih untuk tetap tinggal di Indonesia, padahal ada harapan dan taraf kehidupan yang lebih baik di Malaysia. Mereka berhijrah karena tak mau bergabung dengan Malaysia. Mereka melakukan perjalana panjang berpindah-pindah dengan berjalan kaki. Hingga akhirnya, mereka memutuskan untuk menetap di Desa Pampang dan membangun kehidupan mereka disitu. Pada Juni 1991, desa ini ditetapkan sebagai desa budaya oleh Gubernur Kalimantan waktu itu, HM Ardans.

2. Penangkaran Buaya Makroman

Terletak di Desa Pulau Atas, Kecamatan Makroman, Penangkaran Buaya Makroman menangkarkan 3 jenis buaya, yaitu buaya siam, buaya sepit, dan buaya muara. Pada awalnya, penangkaran ini dimaksudkan untuk keperluan atraksi turis saja. Kini, penangkaran ini juga memiliki andil besar dalam pelestarian buaya yang ada di Kalimantan. Menikmati atraksi buaya-buaya di penangkaran ini bisa dijadikan salah satu wisata Kalimantan yang tak boleh Anda lewatkan.

3. Istana Kesultanan Kadariah Pontianak

Keraton Kadariah ini merupakan cikal bakal munculnya kota Pontianak. Secara historis, istana ini mulai dibangun pada tahun 1771 M dan selesai pada 1778 M. Tak berama lama setelah itu, Sayyid Syarif Alkadri, yang merupakan tokoh yang terkenal di era itu, dinobatkan sebagai sultan pertama di Kesultanan Pontianak. Istana ini kemudian direnovasi besar-besaran pada masa Sultan Syarif Muhammad Alkadri, sultan ke-6 di Kesultanan Pontianak.

4. Pantai Pasir Panjang

Pantai yang terletak di Kota Singkawang ini dinamai pasir panjang karena memang pantainya membentang panjang sepanjang 3 kilometer. Selain karena pasir putih yang indah dan ombak yang tenang, pantai ini menjadi favorit tempat wisata di Kalimantan karena lokasinya yang lumayan dekat dari pusat kota Singkawang, yaitu hanya sekitar 20 menit (17 km).

5. Danau Tahai

Danau Tahai terletak di Kecamatan Bukit Batu, Palangkaraya. Danau menjadi destinasi wisata Kalimantan yang dipilih warga karena memang unik dengan air yang berwarna merah. Warna merah ini, usut punya usut, berasal dari air tanah gambut dan akar-akar pohon di lahan gambut tersebut. Selain itu, pemandangan sekitar danau juga sangat indah, lengkap dengan pemandangan rumah lanting, yaitu rumah-rumah terapung. Selain berwisata di danau, Anda juga bisa masuk ke hutan menyusuri trek kayu yang telah disediakan untuk para pengunjung.

6. Museum Lambung Mangkurat

Museum Lambung Mangkurat terletak di Kota Banjarbaru. Terdapat 10 jenis koleksi di museum ini, antara lain Geologi/Geografi, Biologi, Etnografika, Arkeologi, Historika, Numismatika/Heraldika, Filologi, Keramologi, Seni Rupa, dan Teknologi. Arsitektur museum berbentuk seperti rumah adat Banjar yang dipadukan dengan gaya modern. Beberapa koleksi museum yang sangat unik adalah peninggalan Kesultanan Banjar, Candi agung, dan Candi laras, perkakas dari batu, ukiran kayu Ulin, dll.

 

Sumber: www.wacananusantara.org

Tags : wisata indonesiawisata kalimantan