close
anak kecil produktif

Anak kecil sangatlah bersemangat. Dan mereka juga sangat produktif. Dan sebagai orang dewasa, kita bisa mengambil banyak pelajaran mengenai kiat produktif dari para anak kecil ini.

1. Tidur adalah prioritas

Anak kecil, khususnya bayi, tidur sangat lama, sekitar 10-18 jam sehari. Tidur membantu mereka tumbuh dan mengembangkan sistem kekebalan tubuh mereka. Jika mereka tidak mendapat cukup tidur, mereka akan cepat marah dan sulit menenangkan diri. Hal ini juga terjadi pada orang dewasa. Jika kita tidak mendapatkan cukup tidur, kita mulai ngomel dan cepat marah, ingatan buruk, kurang fokus, dan kurang perhatian. Tentunya, kita tidak harus tidur selama 18 jam per hari. Tapi, dengan cukup tidur, kita akan bisa lebih produktif.

2. Praktek adalah segalanya

Ketika akan membalik badan, bayi membutuhkan waktu lama. Namun, hal tersebut mudah ketika mereka telah melakukan beberapa praktek. Hal yang sama terjadi pada orang dewasa. Mungkin Anda tidak bisa melakukan suatu hal pada percobaan pertama dan kedua, tapi jika Anda terus mencoba, Anda pasti akan bisa.

3. Rutinitas sangatlah baik

Bangun, makan, bermain, makan, tidur, bermain, makan, tidur … Dan itu terjadi setiap hari. Hal tersebut merupakan rutinitas bagi anak kecil. Namun, mereka tidak merasa lelah melakukannya karena mereka menikmatinya. Hal ini juga terjadi pada orang dewasa. Anda harus ingat bahwa tindakan positif yang dilakukan rutin akan membantu tubuh kita berfungsi secara sempurna.

4. Tahu kapan harus berhenti

Ketika lelah, anak-anak akan berhenti bermain, berjalan, atau melakukan kegiatan lainnya. Bayi yang kekenyangan juga akan memberi tahu Anda dengan melempar sendok. Pelajaran yang bisa diambil adalah bahwa setiap orang memiliki batasnya masing-masing. Orang produktif menyadari hal tersebut dan mereka tahu kapan harus berhenti. Istirahat kecil, berjalan-jalan, mendengarkan musik selama beberapa waktu akan membersihkan kepala Anda dan mengembalikan kreativitas Anda kembali. Jika Anda lelah, akuilah dan istirahatlah.

5. Konsentrasi pada satu hal

Anak-anak akan melewati periode dimana mereka melihat sesuatu yang mereka suka dan mencoba meraihnya. Ketika mereka meraih rambut Anda, mereka tidak hanya menggenggam, tapi menariknya dengan kuat. Perhatikan bahwa mereka sangat berkonsentrasi ketika melakukan proses tersebut. Tidak ada yang bisa mengalihkan perhatian mereka; mereka sepenuhnya fokus. Orang dewasa harus mempelajari hal ini dari anak kecil. Ada ribuan hal yang terjadi di sekitar kita, tetapi jika kita bisa berkonsentrasi pada satu hal saja, kita akan bisa lebih produktif.

6. Tertawa

Jika Anda pernah melihat senyum anak-anak atau mendengar tertawa bayi setidaknya sekali, Anda tahu bagaimana ajaibnya hal tersebut. Hal tersebut menandakan bahwa anak tersebut merasa gembira. Tersenyum dan tertawa sangat bagus untuk orang-orang dari segala usia. Tertawa membantu kita melawan stres, meningkatkan suasana hati kita dan membuat kita lebih baik. Jadi, tertawalah!

Sebagai orangtua dari para anak kecil ini, Anda mungkin juga harus belajar untuk menjadi orangtua yang produktif.

 

Sumber: www.pickthebrain.com

Tags : produktivitas