close
kesalahan liburan singkat

Melarikan diri di akhir pekan untuk liburan singkat memang menarik. Tapi beberapa hal bisa merusak liburan singkat Anda ini. Berikut ini adalah beberapa hal yang mungkin bisa merusak liburan singkat Anda di akhir pekan dan sebaiknya Anda hindari.

1. Memesan hotel terlalu jauh dari lokasi

Hal ini bisa dikatakan sebagai kesalahan terbesar karena akan dibutuhkan waktu untuk menuju dan meninggalkan hotel yang jauh, dan pastinya Anda harus membayar lebih untuk transportasi juga. Memang seperti lebih murah ketika Anda menyewa hotel, hostel atau penginapan agak jauh dari tempat wisata, tapi khusus untuk liburan singkat, memesan akomodasi terdekat adalah pilihan terbaik.

2. Memasukkan tas ke bagasi pesawat

Mengambil tas di bagasi bisa memakan waktu yang lumayan lama. Dengan tips packing yang bagus, Anda tentu sudah tak perlu membawa tas berlebih yang harus masuk bagasi. Mengambil tas di bagasi akan menghabiskan waktu Anda di bandara, sementara waktu tersebut sebenarnya bisa dimanfaatkan untuk menikmati pemandangan.

3. Mencoba untuk melakukan sebanyak mungkin dalam setiap detik

Alih-alih mengunjungi lima objek wisata di dua kota, Anda mungkin bisa melambatkan tempo Anda dengan hanya mengunjungi dua tempat saja selama liburan singkat Anda. Tapi, ini bisa dikaitkan dengan tujuan utama Anda. Beberapa orang ingin melihat semuanya, dan yang lainnya hanya ingin menikmati Paris di akhir pekan sambil bersantai di kafe. Dan bersikaplah realistis mengenai apa saja yang bisa Anda kunjungi dalam waktu yang singkat tersebut. Dan jangan sampai sepulang traveling Anda justru merasa ‘saya butuh traveling’.

4. Memesan pesawat dengan banyak transit

Penerbangan dengan tiket murah biasanya mengharuskan Anda transit. Dan waktu transit ini justru akan menyita waktu liburan Anda yang singkat. Sangat masuk akal bagi Anda untuk membeli tiket pesawat nonstop ketika waktu Anda terbatas. Selain itu, penting bagi Anda untuk memilih lokasi wisata yang tak butuh banyak moda transportasi untuk mencapainya.

5. Lupa untuk mempersiapkan zona waktu yang berbeda

Mempersiapkan jet lag pada liburan singkat sama saja dengan liburan panjang. Jika Anda naik pesawat dan pada saat itu negara tujuan Anda sudah malam, persiapkan diri untuk tidur, dengan tidak memakan makanan pesawat dan tidur menggunakan penutup kuping. Dengan cara ini, Anda siap bangun ketika sampai di negara tujuan. Rencanakan banyak kegiatan di luar ruangan untuk hari pertama Anda di zona waktu yang berbeda, karena udara segar dan cahaya matahari akan membuat Anda segar.

6. Merencanakan akan kemana saat tiba

Bagi Anda yang melakukan liburan singkat, sangat penting untuk merencanakan itinerary di rumah sehingga waktu tidak akan terbuang dengan bertanya-tanya Anda akan kemana hari ini. Pelajari peta sebelum pergi dan cari rute terbaik ke lokasi wisata yang Anda inginkan. Perencanaan awal akan membuat Anda paham mengenai lokasi-lokasi tempat di daerah tersebut.

 

Sumber: budgettravel.com

Tags : liburan singkatpanduan wisata