close
kesalahan yang bisa merusak komputer

Selain di kantor, Anda mungkin sudah sangat jarang membuka komputer atau PC Anda. Dan tak jarang, ketika Anda menggunakan komputer, Anda malah melakukan kesalahan terhadap benda satu ini. Berikut ini adalah beberapa hal yang tak boleh Anda lakukan terhadap komputer Anda.

1. Lupa membersihkan

Hal paling penting agar kinerja komputer Anda bagus dan bisa panjang umur adalah dengan menjaga agar aliran udaranya tidak terhalang. Debu dan kotoran bisa menumpuk dengan cepat kecuali jika Anda rutin membersihkan rig interior yang menyebabkan overheating, hilangnya kinerja, kerusakan permanen pada komponen PC Anda dan tentunya tampilan yang jorok.

Agar tak lupa membersihkan, Anda bisa mencatatnya dalam alarm handphone Anda. Selain itu, sempatkan juga membersihkan keyboard ya…

2. Mencolokkan langsung ke stop kontak

Selalu colokkan kabel komputer ke protector untuk melindungi dari lonjakan tegangan yang bisa merusak. Stop kontak yang tidak dilengkapi protector tidak akan memberikan perlindungan terhadap pemadaman listrik, sambaran petir, dan malfungsi lainnya.

3. Membersihkan layar dengan cairan pembersih

Jangan pernah menyemprotkan apapun ke layar Anda. Jika Anda perlu untuk membersihkannya, gunakan kain lembut yang kering, atau yang lembab.

4. Mendorong tempat CD agar menutup

Bagaimana cara Anda membuka tempat CD di komputer Anda? Apakah mencongkelnya atau memencet suatu tombol. Hal yang sama juga berlaku ketika Anda menutup tempat CD tersebut. Anda cukup menekan tombol dan tak perlu mendorongnya.

5. Mematikan komputer ketika sedang menyimpan

Ketika sedang melakukan penyimpanan, khususnya auto-save saat Anda bermain game, pasti Anda ingin segera mematikan komputer. Tapi hal ini sangat tak boleh dilakukan. Saking pentingnya, pengembang merasa perlu untuk memperingatkan Anda tentang hal itu setiap kali Anda bermain game.

6. Menginstal driver, atau melakukan apapun, tanpa restart

Apakah Anda pernah terpikir untuk restart komputer setiap selesai menginstal suatu program atau mengupdate suatu aplikasi. Kenyataanya, Anda harus me-restart komputer Anda sekitar sekali setiap 30 detik atau lebih agar komputer tetap berjalan lancar.

 

Sumber: www.pcgamer.com

Tags : gadgetpc