close
charging iphone

Seperti orang tua, iPhone memang sulit mempertahankan baterainya. Dan salah satu penyebabnya adalah bagaimana Anda men-charge iPhone Anda. Beberapa kesalahan charging berikut ini bisa merusak iPhone Anda dan untuk itu, sebaiknya dihindari.

1. Anda men-charge iPhone hingga 100%

Apakah Anda mulai khawatir jika baterai iPhone Anda berada di bawah 90%? Mulai sekarang Anda harus lebih bersantai karena men-charge iPhone hingga 100% bukanlah cara yang efektif untuk mempertahankan baterai Anda. Bahkan, para ahli menyarankan membiarkan iPhone Anda dalam keadaan 30% hingga 80% penuh. Pada keadaan ini, iPhone lebih mudah digunakan dan lebih efisien.

Jadi, hentikan kebiasan men-charge di malam hari dan lebih baik men-charge sedikit demi sedikit sepanjang hari.

2. Membiarkan iPhone Anda mati

Baterai ion lithium mudah habis ketika berada pada power yang sangat rendah, jadi Anda sebisa mungkin harus menghindari peringatan ‘low batttery’. Baterai yang dibiarkan kosong akan membuatnya cepat rusak. Namun, Anda disarankan membiarkan baterai habis sepenuhnya setiap satu atau dua bulan untuk ‘mengkalibrasi’ pengukur baterai (battery gauge).

3. Anda membuat iPhone terlalu panas

Memang ini bukan spesifik masalah charging. Mungkin Anda merasa iPhone sangat lemot setelah dipakai di luar dengan paparan sinar matahari yang tinggi. Menurut Apple, “zona nyaman” untuk iPhone (serta iPads, iPod, dan Apple Watches) adalah antara 32 dan 95 derajat.

4. Anda terlalu sering menggunakan charger nirkabel

Baterai cadangan adalah anugrah ketika Anda sedang dalam perjalanan pulang dan kehabisan baterai. Tapi, baik iPhone maupun baterai cadangan tersebut akan memanas selama pengisian, yang dapat mengakibatkan kerusakan jangka panjang pada perangkat Anda. Untuk menghindari overheating, coba sumber listrik portabel yang tidak menempel langsung pada iPhone Anda.

5. Anda men-charge iPhone dalam casing-nya

Jika ponsel Anda terasa terlalu panas ketika, ada kemungkinan itu karena casing yang masih terpasang, yang memerangkap panas yang dihasilkan dalam proses pengisian. Jadi, sebaiknya Anda melepas casing saat melakukan pengisian.

6. Anda menggunakan charger yang salah

Charge yang dikeluarkan Apple dirancang untuk memotong daya ketika baterai mencapai 100%. Dan kemampuan ini tidak dimiliki oleh charger USB pihak ketiga murahan. Charger seperti ini bukan hanya menyebabkan kerusakan pada baterai karena akan mengisi terlalu penuh, tapi juga bisa membahayakan nyawa Anda.

 

Sumber: www.thrillist.com

Tags : gadgetiosiphonemobile