close
hal yang tak boleh dirahasiakan dari pasangan

Anda pasti punya rahasia yang Anda simpan dari pasangan Anda. Namun, ingat, apapun yang bisa mempengaruhi hubungan pernikahan Anda, sangat perlu untuk dibahas. Lebih baik sebelu terlambat dan lebih baik sebelum dia mengetahuinya dari orang lain. Ada beberapa rahasia yang memang harus Anda simpan, tapi beberapa hal seperti berikut ini adalah rahasia yang tak boleh Anda sembunyikan dari pasangan.

1. Riwayat kesehatan dan penyakit yang pernah Anda derita

Penyakit adalah hal yang akan mempengaruhi hubungan suami istri. Saat Anda mulai hidup Anda bersama-sama, berusahalah untuk bersikap terbuka terhadap pasangan mengenai penyakit dan riwayat kesehatan Anda. Bahkan ketika Anda telah melewati masa pemulihan, pasangan tetap harus tahu mengenai sejarah kesehatan Anda termasuk risiko kesehatan yang mungkin Anda hadapi. Pasangan Anda berhak tahu jika suatu penyakit serius berpotensi menjadi bagian dari hubungan Anda. Memang hal ini sifatnya personal, tapi merahasiakan penyakit dan riwayat kesehatan dari pasangan bukanlah hal yang akan menguntungkan, baik bagi Anda atau pasangan Anda.

2. Uang

Uang memang bisa menjadi suatu topik bahasan yang sensitif, tapi dengan kejujuran Anda bisa menghindarkan diri dari miskomunikasi dan kesalahpahaman. Merahasiakan hutang dari pasangan pasti tak akan bertahan lama. Bahkan dengan rekening bank yang terpisah, utang akan menjadi momok yang menghantui Anda. Bersikap jujur mengenai keuangan memungkinkan Anda untuk membuat anggaran yang cocok untuk kehidupan Anda dan pasangan. Jangan biarkan pasangan Anda tahu tentang masalah keuangan dengan cara yang berat. Jujurlah mengenai gaji, potensi PHK di tempat kerja, dan pembelanjaan yang Anda lakukan. Anda bisa mencari solusi bersama jika Anda adalah seorang yang boros. Anda dan pasangan bisa membuat suatu perjanjian keuangan yang disetujui dan harus dipatuhi oleh kedua belah pihak.

3. Ekspektasi dan harapan tentang pernikahan

Jangan rahasiakan ekspektasi dan harapan tentang pernikahan Anda. Anda harus jujur dan penuh hormat, tapi di lain sisi Anda juga harus jujur mengenai apa yang Anda inginkan dari pernikahan tersebut. Jika keinginan seperti punya anak, punya rumah, atau menginginkan gaya bercinta tertentu Anda rahasiakan dari pasangan, hal ini bisa jadi penyebab sakit hati. Merahasiakan segala hal agar pasangan tetap bahagia adalah suatu tindakan bodoh.

4. Hubungan dengan orangtua dan keluarga

Hubungan Anda dengan orangtua dan keluarga Anda harus dibagi dengan pasangan. Sangatlah penting bagi Anda dan pasangan untuk memahami dinamika keluarga di kedua sisi. Jika saudara kandung butuh bantuan suatu hari nanti, pasangan berhak sedini mungkin. Jika hubungan Anda dan orangtua atau saudara kandung tak harmonis, jujurlah dengan pasangan Anda.

5. Mimpi terbesar Anda

Jika Anda tak bisa jujur mengenai mimpi terbesar Anda, itu bisa jadi tanda yang berbahaya. Pasangan Anda haruslah orang yang bisa Anda percayai, yang membuat Anda tak merasa konyol ketika menceritakan mimpi dan cita-cita serta tujuan hidup Anda. Jika Anda tak pernah berbagi mimpi Anda, bagaimana bisa mimpi itu terwujud?

6. Masa lalu

Masa lalu juga termasuk hal yang harus Anda bagi dengan pasangan. Namun, Anda harus bisa memilah mana yang harus diceritakan. Ceritakan masa lalu yang mempengaruhi Anda yang sekarang: masalah komitmen, keinginan membentuk keluarga, hobi, dll. Sebagai contoh, jika Anda pernah mengalami pelecehan di masa kecil, Anda mungkin perlu menceritakan karena bisa jadi hal ini mempengaruhi hubungan seksual Anda dengan pasangan nantinya.

 

Sumber: familyshare.com

Komentar

komentar

Tags : pernikahan