close
mencukur daerah vital

Mencukur daerah kewanitaan Anda memang perlu dilakukan untuk menjaga agar daerah tersebut lebih higienis. Selain itu, hal ini juga bagus untuk mempercantik penampilan daerah tersebut. Namun, sebelum Anda mencukur bulu daerah kewanitaan Anda, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

1. Pilihlah pisau cukur yang tepat

Pastikan pisau yang Anda pakai bersih dan tajam, dan gantilah setiap bulan. Pisau cukur yang tidak tajam akan mengenai kulit, menyebabkan goresan dan pisau cukur yang sudah lama kemungkinan akan menyebarkan bakteri. Anda bisa memakai pisau cukur multi-blade dengan kepala yang fleksibel sehingga meluncur mulus di sepanjang permukaan tidak teratur seperti daerah miss V Anda.

2. Perhatikan waktu untuk mencukur

Jangan langsung mencukur daerah kewanitaan Anda. Mandilah terlebih dahulu kemudian Anda bisa mencukur terakhir. Pada saat itu, kondisi kulit dan rambut dalam keadaan sangat lembut. Apalagi jika Anda mandi air hangat, uap panas akan membuka folikel dan semakin melenturkan rambut.

3. Manjakan daerah kewanitaan Anda

Untuk mencegah rambut tumbuh ke dalam dan iritasi kulit, Anda harus melakukan beberapa perawatan. Sebelum mencukur, kelupas daerah tersebut dengan spon mandi dan sabun cair yang lembut selama 20 detik. Bilas, lalu gunakan kondisioner rambut biasa pada rambut di daerah tersebut untuk melunakkannya sebelum mencukur. Anda juga bisa menyisir rambut terlebih dahulu searah dengan arah pertumbuhan rambut agar ujung rambut tetap berada di atas dan menjauhi kulit.

4. Buatlah batasan

Oleskan krim atau minyak cukur, sabun cair, atau kondisioner rambut untuk melumasi dan melicinkan pisau cukur Anda.

5. Perhatikan arah pencukuran

Jika rambut di bawah sana ekstra panjang, pastikan untuk memotongnya dengan gunting kuku sehingga rambut tidak akan menyumbat pisau Anda. Selain itu, dengan mencukur melawan pola pertumbuhan rambut, hasil pencukuran akan lebih halus, tetapi jika kulit Anda sensitif, tetaplah mencukur searah dengan arah pertumbuhan rambut.

6. Lakukan tindak lanjut

Langsung setelah selesai bercukur, oleskan lotion pelembab yang bebas pewarna atau wewangian. Anda juga disarankan untuk memakai pakaian longgar selama beberapa jam setelahnya untuk menghindari gesekan dan iritasi.

 

Sumber: www.womansday.com

Tags : reproduksi wanitavagina