close
mencari pekerjaan sembunyi-sembunyi

Melamar pekerjaan baru ketika Anda masih menjadi karyawan memang perlu hati-hati. Anda harus menempatkan diri sebagai kandidat di perusahaan yang Anda lamar tapi di lain sisi Anda tak ingin ketahuan bos Anda karena takut dipecat sebelum waktunya. Memang tidak ada salahnya mencari kemajuan dalam karir, tapi Anda harus belajar cara-cara di bawah ini untuk melakukan pencarian kerja secara diam-diam.

1. Biarkan media sosial Anda tetap seperti sebelumnya

Jika Anda aktif di media sosial, beberapa bagian profil mungkin akan Anda update secara teratur. Namun, jika Anda tak pernah melakukannya lalu tiba-tiba Anda melakukannya tanpa alasan, itu bisa menimbulkan kecurigaan, terutama di LinkedIn (apalagi jika bos Anda terhubung di LinkedIn dengan Anda).

Dengan meng-update profil secara teratur, Anda tak akan dicurigai ketika sedang mencari pekerjaan dan hal ini memungkinkan Anda untuk lebih bisa ditemukan karena profil yang usang akan sangat susah ditemukan.

2. Hati-hati dengan cara Anda berpakaian

Hal yang bisa menimbulkan kecurigaan adalah ketika Anda pada hari biasanya mengenakan kemeja dan celana kain sebagai pakaian kerja dan tiba-tiba Anda mengenakan jas atau blazer (bahkan dasi untuk lelaki). Berdandan lebih rapi dari biasanya menunjukkan bahwa Anda sedang melakukan wawancara di tempat lain. Untuk menghindari kecurigaan, letakkan pakaian istimewa Anda di tas atau di loker, dan ganti di tempat yang aman saat Anda akan berangkat wawancara. Selain itu, ada baiknya Anda mengatur waktu wawancara di jam-jam yang tak mungkin membuat Anda dicurigai.

3. Jangan memberitahu rekan kerja bahwa Anda sedang mencari pekerjaan baru

Mungkin saja rekan kerja bisa menjaga rahasia Anda, tapi dalam hal ini jangan percaya siapapun dan takutlah kepada siapapun. Selain itu, Anda tidak tahu apa rencana yang ada dalam pikiran mereka mengenai kemajuan karir mereka sendiri kan. Mereka mungkin bisa memanfaatkan upaya pelamaran kerja sembunyi-sembunyi Anda ini sebagai kesempatan untuk menukik dan mengambil pekerjaan Anda.

4. Rahasiakan pencarian Anda, khususnya di media sosial

Sebagai seorang profesional, Anda harus memperhatikan apa yang Anda posting di media sosial secara umum. Nonaktifkan update pencarian pekerjaan Anda di Facebook, Twitter, LinkedIn, dan situs lainnya. Bahkan jika Anda tidak terhubung ke atasan atau rekan kerja Anda secara online, apa yang Anda posting bisa secara misterius muncul di tempat yang tidak Anda harapkan.

5. Jangan gunakan siapapun dalam perusahaan Anda sekarang sebagai referensi

Jika Anda tidak ingin ketahuan, mengapa Anda harus menggunakan nama alah satu dari rekan kerja Anda sebagai referensi? Cari yang lain! Mungkin dari perusahaan yang sebelumnya pernah Anda tinggalkan.

6. Cari pekerjaan dengan waktu dan peralatan Anda sendiri

Dan, jangan pernah menggunakan waktu perusahaan untuk mencari pekerjaan di perusahaan lain. selain bodoh, hal ini juga sangat tidak loyal dan tidak sopan. Gunakan komputer Anda sendiri dan sumber daya lainnya pada waktu Anda sendiri. Jika ketahuan menggunakan waktu dan peralatan perusahaan, Anda malah bisa dipecat saat itu juga.

 

Sumber: www.wisebread.com

Tags : karirperencanaan