close
pendengar yang baik

Apakah Anda ingin menjadi pendengar yang baik bagi orang lain yang diinginkan semua orang sebagai teman bicara? Menjadi pendengar yang baik tidaklah mudah bagi sebagian dari kita. Dibutuhkan waktu, praktek dan dedikasi dan ini akan meningkatkan kemampuan komunikasi Anda. Jika Anda ingin menjadi pendengar yang baik, kelima tips berikut pasti akan membantu.

1. Kontak mata

Jika Anda ingin menjadi pendengar yang baik, penting untuk Anda untuk melakukan kontak mata dengan orang lain yang menjadi lawan bicara Anda. Ini menunjukkan bahwa Anda Anda memberikan perhatian dan terlibat dengan percakapan. Bila Anda tidak melakukan kontak mata dengan orang lain, orang lain akan merasa bahwa Anda tidak peduli dan tidak tertarik pada apa yang akan mereka katakan. Mulailah untuk melakukan kontak mata dengan orang berikutnya yang berbincang dengan Anda.

2. Cari tahu “Mengapa” dan” Apa”

Untuk menjadi pendengar yang baik, Anda perlu untuk mengetahui “Mengapa” dan “Apa.” Mengapa mereka berbicara kepada Anda dan pesan apa yang mereka coba bagi dengan Anda? Menjadi pendengar yang baik memerlukan praktek dan ketika Anda dapat mengetahui “Mengapa dan “Apa” dari lawan bicara kita, Anda akan jauh lebih terlibat dalam percakapan.

3. Fokus pada lawan bicara Anda

Sangat mudah bagi kita untuk berpikir tentang apa yang ingin kita katakan setelah orang lain ¬†berhenti berbicara. Hal ini tidak akan menjadikan Anda pendengar yang lebih baik. Jika Anda selalu berpikir tentang respons Anda, Anda tak akan bisa mendengarkan apa yang mereka bicarakan secara seksama. Fokuslah pada apa yang mereka harus katakan. Cari tahu “Mengapa” dan” Apa” dan pertahankan kontak mata. Setelah lawan bicara Anda berhenti berbicara, baru kemudian pikirkan tentang respons Anda. Tapi saat Anda mendengarkan, Anda harus mendengarkan dengan kedua telinga Anda. Dalam banyak kesempatan, ketika kita mendengarkan orang, kita berpikir dalam otak kita mengenai apa yang kita ingin katakan, alih-alih mendengarkan pesan mereka secara seksama.

4. Batasi gangguan

itu televisi, telepon atau gangguan apapun. Dibutuhkan keputusan mental untuk membatasi gangguan ketika Anda mendengarkan orang lain. Bagaimana Anda bisa menjadi pendengar yang baik jika ada suara televisi atau handphone yang terus berdering? Batasi sebanyak mungkin gangguan ketika Anda mendengarkan orang lain. Hal ini tidak hanya menunjukkan mereka bahwa Anda peduli tetapi Anda bisa melatih keterampilan sosial yang baik.

5. Terlibat

Libatkan diri Anda dalam percakapan. Keterlibatan menunjukkan perhatian Anda terhadap lawan bicara. Biarkan orang lain tahu bahwa Anda memberikan fokus dan perhatian Anda. Salah satu cara untuk menunjukkan keterlibatan Anda adalah dengan menanggapi dengan komentar singkat, seperti “Ya” atau “Saya mengerti.” Hal ini menunjukkan bahwa Anda benar- benar mendengarkan.

 

Sumber: www.lifehack.com

Tags : komunikasi