close
GadgetPCTeknologiTips

5 Tips untuk Meningkatkan Koneksi Nirkabel (Wireless) Anda

koneksi nirkabel

Teknologi nirkabel membuat segala hubungan mudah tanpa harus melibatkan banyak kabel dan walaupun posisi Anda tidak berada dalam satu meja. Kadang, koneksi nirkabel mungkin terganggu dan kurang maksimal. Jika demikian, Anda bisa menggunakan 5 tips berikut ini untuk meningkatkan koneksi nirkabel Anda.

1. Atur posisi router Anda

Sinyal nirkabel tidak bisa menjangkau terlalu jauh. Dinding atau benda-benda apapun bisa menghalangi sinyalnya. Untuk alasan ini, router nirkabel harus terletak di tengah-tengah ruangan Anda untuk memastikan jangkauan yang terbaik. Tempatkan router pada permukaan datar yang jauh dari lantai dan jauh dari penghalang. Selain itu, mungkin ada gangguan dari sinyal nirkabel tetangga. Pastikan bahwa Anda menggunakan saluran nirkabel yang unik untuk membatasi gangguan.

2. Ganti antena Anda

Antena yang disertakan pada router biasanya adalah antena kecil dengan kemampuan omni-directional. Antena ini menyiarkan sinyal ke segala arah, yang dapat berguna jika Anda perlu nirkabel di seluruh rumah Anda, tapi jangkauannya sangat terbatas. Sebuah antena directional dapat meningkatkan jangkauan dengan memfokuskan sinyal dengan cara tertentu, yang memungkinkan Anda mengarahkannya sesuai kebutuhan. Antena ini sering disebut “high-gain” dan peningkatan sinyalnya diukur dalam desibel (dB).

3. Pasang repeater

Memasang repeater nirkabel adalah cara yang mudah dan aman untuk meningkatkan sinyal Anda. Repeater bekerja hampir sama dengan router, tapi repeater tidak menciptakan sinyal hanya meneruskan sinyal yang telah ada. Repeater sangat mudah diinstal dan tidak memerlukan kabel atau koneksi tambahan. Repeater yang banyak bisa mempermudah membuat jaringan koneksi di rumah atau bisnis Anda.

4. Pasang booster antena

Sangat mudah membuat reflektor atau antena buatan sendiri untuk meningkatkan sinyal nirkabel Anda. Ada template dan cara membuatnya pada beberapa website dengan hanya menggunakan bahan seperti foil dan kardus. Desain umumnya berbentuk satelit parabola. Booster ini dapat meningkatkan jangkauan dan mengarahkan sinyal, meskipun kualitas buatan sendiri akan bervariasi.

5. Upgrade firmware

Produsen router mempublikasikan update firmware secara teratur dan upgrade router Anda dapat meningkatkan kinerja dan memberi akses ke fitur baru. Sebagai pilihan lain, Anda juga bisa menginstal firmware pihak ketiga. Ada sejumlah alternatif yang aman dan gratis yang mungkin kompatibel dengan router Anda.

 

Sumber: computer.howstuffworks.com

Tags : gadgetnirkabelpc