close
merawat ketiak

Apakah Anda termasuk orang yang suka berpakaian tank top atau yang memperlihatkan daerah ketiak? Meskipun tidak, ketiak tetap harus dirawat agar sehat dan cantik. Berikut ini adalah tips merawat ketiak Anda dari para ahli.

1. Mencukur sedekat mungkin dengan kulit

Teknik yang tepat ini bisa mencegah tumbuhnya rambut ke dalam ataupun iritasi. Anda bisa menggunakan krim saat mandi untuk membantu melunakkan rambut.

2. Gunakan pisau cukur yang baru dan tajam

Wanita yang menggunakan pisau cukur tumpul cenderung menekan lebih keras, yang bisa menggores kulit. ganti pisau cukur Anda setiap beberapa minggu sekali atau ketika warna strip kelembaban sudah mulai memudar.

3. Cukur dari berbagai arah

Rambut tumbuh pada berbagai arah yang berbeda. Untuk itu, Anda harus melakukan pencukuran dari berbagai arah. Dan Anda harus mencukur melawan arah pertumbuhan untuk mendapatkan hasil maksimal.

4. Istirahatkan dulu ketiak yang baru dicukur

Menggunakan deodoran atau kain yang kasar setelah mencukur dapat menyebabkan iritasi. Tunggu sekitar sepuluh menit sebelum menggunakan antiperspirant. Opsi lain, Anda bisa mencukur sebelum tidur sehingga Anda bisa membiarkan kulit Anda pulih dalam waktu semalaman.

Cara ini juga bisa mencegah perubahan warna pada ketiak. Beberapa orang melakukan tindakan yang membayakan bagi pigmen mereka. Dan berkaitan dengan hal ini, ketiak seringkali mengalami penyalagunaan ini sehingga ketiak memang sangat rawan terhadap hiperpigmentasi. Jika Anda memiliki kulit sensitif, pilihlah deodoran padat bebas aroma. Anda juga bisa memilih deodoran khusus untuk kulit sensitif.

5. Cobalah waxing

Selain untuk membersihkan rambut ketiak, waxing juga kerap digunakan untuk membersihkan rambut di bagian lain, seperti rambut wajah, rambut kaki, dll. Waxing cenderung tidak membuat iritasi tetapi Anda harus menumbuhkan atau memanjangkan rambut Anda terlebih dahulu.

Cara ini direkomendasikan hanya bagi mereka yang memiliki rambut tipis dan sedikit, sehingga mereka bisa menunggu hingga rambut tumbuh sekitar seperempat inci sebelum melakukan waxing lagi. Ketika dilakukan dengan benar, waxing tidak akan terlalu menyakitkan pada ketiak jika dibandingkan dengan bagian lain.

 

Sumber: www.allure.com

Tags : kecantikanketiakkulittips kecantikan