close
belitan hutang

Meningkatnya kesejahteraan dan pertumbuhan ekonomi malah membawa kita pada paradoks, yaitu meningkatnya hutang pribadi. Banyak dari kita yang terjebak dengan kehidupan modern yang serba membingungkan. Hutang dapat menimbulkan kecemasan, stres dan ketidakbahagiaan. Untuk menghindari menderita masalah hutang yang serius, pertimbangkan beberapa saran di bawah ini.

1. Beli apa yang Anda butuhkan

Sangat mudah bagi kita untuk tergoda membeli barang yang tidak kita butuhkan atau akan sangat jarang digunakan. Sebelum membeli suatu barang, cobalah untuk mengevaluasi kegunaannya untuk diri sendiri, beri nilai antara 1 sampai 10. Jika Anda memberi nilai dengan jujur, Anda akan bisa berpikir dua kali sebelum membeli sepasang sepatu desainer yang super mahal. Jika Anda seorang pembeli impulsif, coba tunggu sehari sebelum membeli sesuatu. Jika Anda benar-benar ingin dan perlu, Anda dapat kembali pada hari berikutnya.

2. Coba dengan tes Rp. 700.000

Jika Anda memiliki masalah yang parah mengenai pengeluaran berlebih, cobalah untuk membawa uang tunai sebanyak Rp 700.000 untuk seminggu. Artinya, Anda hanya boleh belanja Rp 100.000 per hari. Anda tidak boleh membawa kartu kredit atau debit kemanapun Anda pergi. Ketika Anda dihadapkan dengan pendapatan yang ketat, Anda akan dipaksa untuk berhati-hati dalam berbelanja. Ini akan membuat Anda menyadari apa yang benar-benar diperlukan dan apa yang hanya pemborosan. Jumlah ini bisa disesuaikan dengan kehidupan dan dimana Anda tinggal untuk mencapai angka yang rasional. Mungkin bisa lebih tinggi atau lebih rendah.

3. Robek kartu kredit Anda

Kartu kredit dapat berguna jika Anda tidak pernah melewatkan pembayaran, dan membayar saldo secara penuh. Jika Anda dapat melakukan hal ini maka kartu kredit bisa sangat bermanfaat untuk Anda. Namun, jika kartu kredit mendorong Anda untuk berbelanja dan menghabiskan uang Anda, Anda bisa mempertimbangkan untuk menyingkirkan kartu tersebut, setidaknya untuk sementara waktu. Hal ini befungsi untuk memastikan bahwa Anda hanya akan menghabiskan apa yang tersedia bagi Anda.

4. Kelola hutang Anda

Jika Anda memiliki hutang dengan jumlah sedang, tentu ini tak akan menjadi masalah. Yang penting adalah bagaimana mengelolanya. Misalnya, jika Anda memiliki utang pada kartu kredit, Anda bisa membayar tingkat variabel standar hingga 18%. Kartu kredit lain mungkin bisa memberi bunga 0% untuk peminjaman 6-12 bulan. Dengan menjaga pembayaran bunga serendah mungkin, Anda akan bisa mengurangi jumlah utang Anda, alih-alih hanya membayar bunganya saja.

5. Catat pengeluaran Anda

Untuk Anda yang super boros, mencatat pengeluaran bisa menjadi cara untuk mencegah Anda berbelanja lebih. Jika Anda tahu bahwa Anda sudah mengeluarkan jutaan bulan ini untuk membeli a, b, c, d, tentu Anda akan berpikir dua kali untuk membeli e. Begitu seterusnya. Mungkin, dengan demikian, Anda akan sadar bahwa banyak pengeluaran Anda ditujukan untuk hal yang tak penting, seperti makan donat di kafe atau membeli snack untuk cemilan.

Siapa tahu, dengan uang yang Anda sisihkan, Anda bisa memulai untuk usaha Anda.

 

Sumber: www.pickthebrain.com

Tags : hutangperencanaan