close
memaksimalkan google search

Jumlah situs yang ada di dunia ini mungkin sekarang hampir atau telah mencapai seratus juta. Dan untuk mencari data yang sesuai, Anda bisa menggunakan mesin pencari, dan yang paling populer tentu adalah Google Search. Namun, ternyata masih banyak orang yang masih belum menggunakan Google Search ini seefektif mungkin.

Dengan beberapa tips berikut ini Anda bisa melakukan pencarian yang lebih efisien dan efektif dengan Google Search.

1. Gunakan 5-7 kata kunci

Pada saat pencarian, yang paling sering Anda lakukan mungkin adalah melalui kata kunci (keyword). Kesalahan umum yang sering dilakukan kebanyakan orang adalah memasukkan kurang dari lima kata kunci. Mengingat bahwa Internet memiliki jutaan situs, hasil pencarian akan lebih sesuai harapan jika Anda memasukkan kata kunci yang lebih banyak.

Bagi Anda yang mungkin belum tahu, biasanya mesin pencari akan memberikan hasil sesuai dengan kata yang Anda ketik di kotak pencarian, tak peduli urutannya. Dan jika Anda ingin mempersempit pencarian Anda untuk menemukan situs yang relevan, Anda harus memasukkan sekitar 5 sampai 7 kata kunci.

2. Menggunakan pemotongan (truncation)

Tidak yakin harus menggunakan kata kunci apa? Anda mungkin perlu mempertimbangkan penggunakan tanda * pada pencarian Anda, untuk memperluas pencarian Anda. Jika Anda menggunakan tanda ini pada kotak pencarian, Anda akan mendapatkan hasil dari kombinasi kata yang sudah Anda ketik, dan * akan menampilkan variasinya. Misalnya, jika Anda mengetik makeup * tutorials, pilihan yang muncul adalah variasi yang menggunakan dua kata tersebut, misalnya: ‘Face Makeup Tutorials on Pinterest’, ‘Simple Every Day Makeup Tutorial – YouTube’, atau Indian Pakistani Bridal Eye Makeup Tutorial.

Fungsi ini sangat berguna bagi mereka yang ingin mencari berdasarkan suatu ide atau gagasan, tapi tidak tahu kata kunci yang cocok untuk ide tersebut.

3. Mencari berdasarkan frase tertentu

Kadang-kadang, Anda dapat mempersempit pencarian Anda dengan memerintahkan Google untuk mencari kata kunci berdasarkan urutan kata seperti yang Anda masukkan dalam kotak pencarian. Misalnya, jika Anda ingin mencari informasi mengenai ingin mencari lirik lengkap dari potongan kata, Anda bisa menuliskan beberapa kata dalam satu frase sekaligus, misalnya ‘putting my defences up cause i don’t wanna fall in love’. Dengan cara ini pencarian akan lebih berhasil jika dibandingkan ketika Anda hanya memasukkan beberapa kata kunci, seperti ‘defense’ atau ‘love’.

Tanda kutip “ “ biasanya dipakai jika Anda ingin mesin pencari mencari situs dengan kalimat atau frase yang tepat.

4. “OR” dan “-“

Operator OR sudah ada di Google. Ketika Anda mengetikkan kata kunci apapun, website yang mengandung salah satu dari kata kunci akan ditampilkan dalam hasil. Perbedaan dengan operator OR adalah bahwa Anda dapat menentukan kata kunci atau frase dengan tanda kutip, alih-alih memerintahkan mesin pencari untuk mencari semua yang Anda ketik di kotak pencarian. Itu artinya, jika Anda mengetik “social media” OR “business”, Google akan mencari situs yang mengandung “social media” atau “business”, dan bukan salah satu dari tiga kata masing-masing.

Tanda minus, -, berguna jika Anda ingin mengecualikan kata atau frase tertentu dalam pencarian Anda. Fungsi ini sangat bermanfaat ketika Anda sedang mencari pengecualian untuk hasil yang biasanya diberikan oleh mesin pencari.

5. Mencari di dalam suatu situs

Ada saatnya ketika Anda mengetahui nama situs tempat Anda ingin mencari informasi. tetapi kemungkinan situs tersebut tidak memiliki fungsi pencarian atau fungsi pencariannya rusak. Dalam kasus ini, Google bisa membantu.

Untuk mencari di dalam situs menggunakan Google, yang perlu Anda lakukan adalah menambahkan site: pada nama situs beserta kata kunci. Misalnya, site: csdnews.com android. Hasilnya, berbagai artikel yang berhubungan dengan android akan muncul dari situs csdnews.com.

 

Sumber: www.hongkiat.com

Tags : aplikasigooglegoogle searchinternetweb