close
tips belanja baju dengan diskon

Anda mungkin pernah mengunjungi suatu department store dan menemukan suatu baju yang menarik perhatian. Namun, karena masih baru, harga barang tersebut masih sangat mahal. Jika Anda tahu mengenai siklus penjualan toko tersebut, tentu Anda bisa mendapatkan harga yang jauh lebih terjangkau. Berikut ini adalah beberapa tips untuk mengoptimalkan penghematan belanja baju Anda dengan memanfaatkan waktu diskon yang diberikan oleh toko favorit Anda.

1. Tunggu enam hingga delapan minggu

Toko ritel baju biasanya membiarkan baju baru terpajang di tempat pemajangan selama 6 hingga 8 minggu sebelum diturunkan. Baju selalu terupdate, dan pemilik toko pasti tak punya banyak area pemajangan untuk semua baju yang dia miliki. Jadi setelah 6-8 minggu, aka nada baju yang tersisa dan sudah tidak mungkin dipajang lagi, dan biasanya dimasukkan dalam barang-barang diskon atau ditempatkan di bagian belakang toko.

2. Kamis adalah saat paling tepat untuk belanja

Jika Anda ingin menjadi orang pertama yang mendapatkan diskon di toko ritel baju favorit Anda, cara terbaik adalah berbelanja di hari Kamis. Toko berpikir bahwa kebanyakan orang datang ke mal atau toko pada akhir pekan, sehingga mereka memulai persiapan pada hari Kamis untuk menurunkan barang-barang lama dan memajang barang baru. Dengan berbelanja pada hari Jumat dan Sabtu, Anda mungkin dapat banyak penawaran, tapi dengan pilihan terbatas. Namun, dengan berbelanja pada hari Kamis, Anda, Anda akan dapat pilihan terbaik dengan harga terbaik.

3. Bertanya

Jika dulu Anda mengidamkan satu dress di salah satu toko favorit Anda, dan Anda tak lagi bisa menemukannya pada saat diskon, Anda mungkin bisa bertanya kepada petugas ritel untuk menanyakan kepada cabang ritel lainnya, apakah produk yang Anda inginkan masih ada. Jika beruntung, Anda bisa mendapatkan apa yang Anda inginkan. Banyak toko yang ingin menghabiskan stok mereka jadi jangan ragu untuk bertanya seperti ini.

4. Belanja di akhir tahun

Salah satu waktu terbaik untuk mendapatkan harga terbaik adalah akhir tahun. Bahkan jika produk yang Anda inginkan adalah produk impor, Anda juga bisa mendapatkan harga terbaik setiap akhir musim. Jadi, jika Anda menginginkan suatu produk tapi harganya masih sangat mahal, mengapa tak bersabar dan menunggu hingga akhir tahun/musim?

5. Ketahui kapan Anda tak harus membeli

Anda akan membayar harga premium jika Anda berbelanja terlalu dini atau selama bulan yang salah. Misalnya, sangat tidak disarankan untuk membeli baju ketika menjelang Idul Fitri atau Natal. Dan beberapa item juga tidak pernah diskon. Harga sepatu dan baju desainer biasanya harganya juga relatif konstan, terutama jika item tersebut tidak memiliki ‘musim’ secara teknis.

 

Sumber: www.moneycrashers.com

Tags : belanja bijakfashionhidup hemat