close
teknik memegang kamera

Ketika sedang traveling, Anda pasti tak bisa membawa banyak alat fotografi Anda. Mungkin yang muat dalam tas Anda hanya kamera DSLR dan lensa saja. Tripod mungkin sudah tak masuk hitungan, karena berat dan menyita tempat. Jika demikian, gambar yang Anda hasilkan nanti bisa saja goyang.
Berikut ini adalah beberapa teknik memegang kamera agar foto tidak goyang.

1. Siku ke dalam

Sesering mungkin, cobalah untuk menarik siku ke dalam tubuh Anda dan hembuskan napas sepenuhnya sebelum menekan shutter. Ketika bekerja dengan aperture lebar atau shutter speed rendah (atau keduanya), bahkan napas saja bisa menyebabkan kamera bergoyang. Menarik siku ketat kea rah tubuh Anda bisa membuat pegangan menjadi stabil. Atau, Anda juga bisa menekankan siku ke dada untuk mendapatkan stabilitas yang lebih besar.

2. Mengangkat bahu kiri

Untuk trik ini, Anda harus menggunakan mata kiri Anda. Angkat bahu kiri Anda, dan tahan siku kiri Anda pada tulang rusuk. Untuk stabilitas lebih besar, hembuskan napas sepenuhnya sebelum menekan shutter untuk menghindari goyang.

3. Ciptakan tripod dengan lutut Anda

Anda dapat membuat tripod Anda sendiri dengan mengistirahatkan siku Anda pada lutut Anda saat dalam posisi duduk. Sekali lagi, masukkan siku lainnya ka arah tubuh Anda untuk memberi lebih banyak sokongan.

4. Tengkurap

Tengkuraplah dan biarkan lensa duduk langsung di tanah. Masalah dengan hal ini adalah bahwa Anda mungkin akan menjepret trotoar sekalian. Jadi, jika Anda tak ingin Anda trotoar atau jalan dalam foto Anda, Anda bisa memberi alas lensa Anda dengan telapak tangan yang ditangkupkan ke tanah. Atau bisa juga, Anda memberi alas lensa Anda dengan yang dikepal membentuk tinju. Cara ini akan memberi Anda sedikit ruang (ketinggian) antara lensa dan tanah.

5. Seperti memegang senapan mesin

Teknik berikutnya ini kadang-kadang disebut sebagai pegangan senapan mesin. Tapi mungkin cara ini sedikit canggung dan sulit untuk dipertahankan selama satu atau dua detik. Tapi mungkin Anda lebih suka cara ini. Tekuk lengan kiri Anda dan taruh tangan pada bahu hingga posisi siku lurus dengan dagu. Dengan tangan kanan, pegang kamera. Letakkan lengan kanan (sedikit di atas pergelangan) di atas lengan kiri (sedikit di atas pergelangan) dan biarkan kamera jatuh menempel pada siku kiri.

 

Sumber: digital-photography-school.com

Tags : fotografifotografi travelinggadgetkamerakamera dslrpanduan wisataperalatan traveling