close
ritual pagi

Bagaimana Anda mengawali pagi Anda akan menentukan bagaimana perasaan Anda selama sisa hari tersebut. Jika Anda ingin menjadi produktif dan sukses tanpa mengabaikan kesehatan Anda, Anda harus menerapkan 5 ritual pagi ini ke dalam rutinitas harian Anda.

1. Tinggalkan perangkat Anda

Banyak orang yang tidur dekat-dekat dengan gadget sehingga pada pagi hari yang mereka lakukan adalah mengecek apa ada sms atau email masuk atau bahkan mengecek Facebook dan media sosial lainnya. Yang perlu Anda lakukan sebenarnya adalah meninggalkan perangkat Anda dan bercakap dengan orang-orang di sekeliling Anda secara langsung. Itu artinya tidak ada smartphone, laptop, ataupun TV. Jika Anda tinggal sendiri, Anda bisa memanfaatkan waktu Anda untuk kegiatan lain, seperti meditasi, membaca, atau mandi yang lama di pagi hari.

2. Konsumis hijau-hijauan

Sayuran berdaun hijau sangat baik untuk kesehatan Anda karena mengandung vitamin mineral alkali, antioksidan, fitonutrien, klorofil dan senyawa lain yang penting untuk kesehatan. Klorofil yang ditemukan dalam sayuran hijau membantu regenerasi darah dan memiliki sifat anti-kanker, anti-inflamasi, antioksidan dan antimutagenik. Anda bisa mengkonsumsi sayuran ini dalam bentuk salad atau lalapan. Namun, jika Anda kurang suka, smoothies dengan memadukan pisang masak, buah beku atau segar, bayam dan air atau susu almond bisa jadi pilihan.

3. Gerakkan tubuh Anda

Olahraga baik untuk kesehatan fisik, mental, mood, produktivitas dan umur panjang. Jika Anda tidak berolahraga secara teratur karena Anda takut berolahraga, Anda bisa mengakali dengan kegiatan yang Anda sukai yang bisa memaksa tubuh Anda bergerak, misalnya yoga, hiking, menari, tenis, renang, angkat beban, bersepeda, Pilates, dll. Berolahraga juga meningkatkan fungsi kognitif Anda yang sangat penting untuk membantu Anda membuat keputusan dan membuat Anda lebih bersemangat serta produktif.

4. Meditasi

Meditasi bisa membantu mengatasi stres. Selain itu, meditasi juga memberi manfaat kesehatan, antara lain meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan mengurangi rasa sakit dan peradangan pada tingkat sel. Meditasi juga bisa meningkatkan kebahagiaan dan kontrol diri Anda. Lakukan meditasi setidaknya 10 menit setiap pagi di ruangan yang hening dan damai.

5. Rencanakan hari Anda sebelum mulai bekerja

Jadilah orang yang proaktif dan bukannya reaktif dengan merencanakan hari Anda ke depan. Ada banyak peralatan yang bisa Anda manfaatkan untuk membantu manajemen waktu Anda; pilih yang terbaik menurut Anda. Perencanaan membantu Anda tetap berada di jalur. Matikan notifikasi email pada siang hari (kecuali Anda bekerja sebagai customer service) dan habiskan sedikit mungkin waktu Anda pada email. Periksa email Anda di pagi hari, balas yang mendesak, hapus yang tak penting, dan pindahkan email yang harus dibalas nanti pada satu folder khusus.

Dan ketahuilah kedahsyatan bangun pagi di sini.

 

Sumber: www.lifehack.org

Tags : produktivitas