close
madu manuka untuk kecantikan

Anda pernah mendengar madu manuka? Madu ini didapatkan dari bunga manuka yang banyak tumbuh di Australia dan Selandia Baru. Tapi, jangan khawatir karena madu ini sudah bisa didapatkan di supermarket dan toko makanan di Indonesia. Lalu, mengapa kita membicarakan madu manuka? Itu karena madu manuka memiliki beberapa manfaat untuk kecantikan kita, seperti yang akan dibahas di bawah ini.

1. Mengobati luka tergores atau luka bakar

Anda tak sengaja melukai tangan dengan alat manikur Anda? Atau tak sengaja terkena besi dari alat catok? Dengan mengoleskan sedikit madu manuka pada luka tersebut, rasa sakit dan peradangannya akan segera berkurang. Madu sendiri memiliki kandungan anti-bakteri and anti-peradangan dan di antara semua madu, manuka termasuk yang terbaik dalam menyembuhkan luka.

2. Perawatan wajah

Kandungan anti-bakteri pada madu manuka membantu memberi nutrisi pada kulit. Madu menarik kelembaban dari udara serta membunuh bakteri yang ada di dalamnya. Madu manuka ini juga dapat membebaskan pori-pori Anda dan mencerahkan kulit Anda. Anda bisa mengoleskan madu di wajah untuk perawatan di malam hari. Tapi jika Anda membayangkan bahwa madu terlalu pekat dan tak enak di kulit, Anda cukup mengoleskan pada bagian yang bermasalah, misalnya jerawat atau bekas jerawat.

3. Membuat tidur lebih nyenyak

Seperti kebanyakan madu lainnya, madu manuka juga mengandung asam amino Tryptophan yang bisa membuat kita cepat tertidur. Sebelum tidur, minumlah segelas susu yang dicampur dengan satu sendok the madu manuka. Dan pasti Anda akan segera bisa tertidur pulas.

4. Mengatasi alergi

Beberapa alergi disebabkan oleh bunga yang mekar dan pohon yang bertumbuh. Manuka seperti beberapa madu lainnya sebenarnya berasal dari serbuk sari yang justru menjadi penyebab alergi. Tapi dengan meminum madu manuka secara teratur sebelum musim berganti, Anda bisa menyesuaikan dengan kondisi ini dan terhindar dari alergi.

5. Menyembuhkan radang gusi

Radang gusi pasti membuat Anda merasa tak cantik. Tenang, kandungan anti-bakteri pada madu manuka bisa menyembuhkan masalah mulut yang satu ini. Caranya, cukup oleskan sedikit madu manuka garis gusi Anda atau campurkan sedikit madu manuka pada pasta gigi Anda guna menghilangkan plak dan menyembuhkan radang gusi.

Selain madu manuka, madu pada umumnya juga mempunyai banyak fungsi untuk kecantikan. Selengkapnya baca di sini.

 

Sumber: michellephan.com

Tags : kecantikanmadumadu manukaramuan alamitips kecantikan