close
Gaya HidupHunianInfo

5 Manfaat Kertas Lilin yang Tak Pernah Anda Tahu Sebelumnya

kertas lilin

Kertas lilin, atau yang dikenal dengan kertas minyak dan kertas parafin, umumnya digunakan untuk membungkus kue atau panganan lainnya. Atau biasa juga digunakan untuk alas ketika memanggang kue. Namun, jika Anda mau sedikit mengreasikannya, kertas ini bisa juga dimanfaatkan untuk kebutuhan lainnya.

Berikut ini adalah 5 manfaat kertas lilin yang mungkin belum pernah Anda coba sebelumnya.

1. Memisahkan halaman buku

Pernahkah Anda menumpahkan air ke atas buku? Wah, bisa gawat nih. Namun, jangan khawatir. Anda bisa segera mengambil kertas lilin dan membatasi halaman buku yang basah dengan kertas lilin tersebut. Kemudian tutup buku tersebut. Setelah beberapa saat, Anda akan bisa melihat bahwa kertas lilin telah menyerap semua air dan kelembaban dan buku bisa kering. Jika Anda melakukan hal ini sesegera mungkin buku bisa kering tanpa kerut-kerutan.

2. Melumasi pembuka botol

Pembuka botol Anda sudah tak berfungsi sebagaimana mestinya? Anda bisa mengambil satu lembar kecil kertas lilin, menggosok-gosokkan kertas tersebut pada bilah pembuka kaleng tersebut. Lilin pada kertas akan berfungsi layaknya pelumas untuk pembuka botol tersebut sehingga akan bisa mempermudah proses membuka tutup botol.

3. Memoles logam

Apakah peralatan logam Anda tak lagi mengkilap karena terkena air atau bekas tangan Anda? Atau mungkin terkena noda-noda lainnya? Anda bisa membuat peralatan logam ini kembali mengkilap dengan menggosokkan kertas lilin pada permukaannya.

4. Menghentikan keran bocor

Anda ingin memperbaiki keran bocor di wastafel Anda sebelum tukang ledeng datang? Caranya mudah. Lepaskan kran, lapisi dengan kertas lilin pada alurnya, dan pasangkan kembali aeratornya. Hal ini akan menambal kekosongan antara alur dan mencegah air melewati sambungan.

5. Mengawetkan cat yang sudah dibuka

Taruh satu lembar kertas pada cat yang telah dibuka sebelum Anda menutupnya dengan tutup kaleng. Hal ini akan mencegah pembentukan lapisan cat pada bagian permukaan cat yang bisa menyebabkan warna cat tidak merata ketika digunakan.

Selain kertas minyak, aluminium foil ternyata juga memiliki banyak manfaat tersembunyi lho.

 

Sumber: www.womansday.com

Komentar

komentar

Tags : dapurhuniankertas lilin