close
manfaat bermain rubik

Kadang beberapa hobi cenderung disepelekan oleh banyak orang tua. Sebagai contohnya adalah Rubik’s cube atau yang populer cukup dengan sebutan rubik. Banyak anak menghabiskan waktunya bermain rubik. Sementara, para orang tua merasa khawatir dengan keadaan anak mereka. Tanpa mereka sadari bahwa ternyata bermain rubik juga memiliki banyak manfaat. Apa saja manfaat tersebut? Check this out!

1. Menjaga sel-sel tetap hidup

Hasil penelitian dari Scientific American menunjukkan bahwa terdapat ribuan sel-sel baru yang dihasilkan dalam otak orang dewasa setiap harinya, terutama di hippo campus, struktur yang terlibat dalam pembelajaran dan memori. Dalam beberapa minggu, kebanyakan dari neuron baru tersebut akan mati, kecuali si manusia ditantang untuk belajar sesuatu yang baru, terutama yang membutuhkan upaya besar, yang salah satunya adalah dengan memecahkan rubik.

2. Menjaga pikiran tetap tajam di usia tua

Penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan kita dalam aktivitas mental melalui permainan dan teka-teki dapat membantu menjaga pikiran kita tetap tajam di usia tua. Salah satu aktivitas mental ini tentu adalah permainan rubik.

3. Melihara memori jangka pendek

Manfaat lainnya dari rubik adalah memelihara memori jangka pendek. Selain rubik melengkapi teka-teki silang dan permainan papan juga memiliki manfaat yang sama.

4. Meningkatkan konsentrasi

Rubik juga membantu dalam meningkatkan konsentrasi. Perhatikan bagaimana anak Anda harus memusatkan pikiran untuk memilih cara tercepat dalam menyelesaikan rubik-nya.

5. Mengasah kesabaran

Rubik membuat anak-anak lebih sabar karena untuk menjadi seorang ahli rubik dibutuhkan waktu yang tidak sebentar. Selain kesabaran, anak juga akan belajar tentang ketekunan dan disiplin untuk meraih kesuksesan.

Bagaimana menurut Anda? Apakah Anda akan melarang anak Anda bermain rubik? Atau mungkin Anda barangkali juga ingin mencobanya?

 

Sumber: hyderabadtalks.com

Tags : hobirubik