close
jenis-jenis entrepreneur

Apakah Anda pikir semua pengusaha sama? Oh ternyata tidak. Pengusaha pun ternyata bisa dikategorikan menjadi beberapa jenis. Mau tahu seperti apa? Baca artikel ini ya.

1. Si Gila

Mungkin ini adalah jenis pengusaha yang paling banyak kita temui. Jenis pengusaha ini selalu mencari sensasi baru, bergerak dari satu bisnis ke bisnis selanjutnya. Mereka oportunis dan tidak bisa membantu diri mereka sendiri, mereka hanya harus melihat permintaan pasar yang potensial. Bekerja dengan pemimpin ini layaknya berada di rollercoaster dan akan sulit bagi beberapa karyawan untuk beradaptasi dan mencoba mengetahui apa yang ada di otak bosnya.

2. Sang Pemikir

Pengusaha ini menggunakan pengalaman ilmiah, teknis atau bisnis mereka untuk menemukan solusi yang benar-benar inovatif, baik pada produk ataupun layanan. Biasanya jenis pengusaha ini ada di industri teknologi atau manufaktur bisnis. Para pemimpin ini tahu bahwa inovasi adalah raja. Namun, mereka juga cenderung perfeksionis.

3. Sang Pemberi Inspirasi

Ini adalah tipe kepribadian umum di antara banyak pengusaha. Pemimpin jenis ini memberikan inspirasi dan memiliki karisma bawaan, yang membuat staf, pelanggan, dan investor mereka mau mengikuti mereka kemanapun. Pengusaha jenis ini menginspirasikan gairah di antara para karyawan dan mereka juga membangun loyalitas yang mendalam dengan pelanggan mereka. Mereka akan menjadi pusat bisnis dan tidak ada yang bisa menjual sebaik mereka. Sayangnya, mereka kemungkinan membangun bisnis yang berdasarkan kepribadian, yang secara inheren sangat berisiko.

4. Si Pengacau

Ada pula orang-orang yang menolak untuk mengikuti buku peraturan secara keseluruhan. Ini kisah tentang pemimpi yang mengubah sejarah. Pikirkan saja Steve Jobs. Mereka sepertinya melihat lebih jauh dari yang dilihat oleh kebanyakan orang atau berpikir dengan cara yang sama sekali berbeda. Mereka terus berinovasi, menciptakan dan meningkatkan, dan mampu memecahkan masalah yang sebelumnya tak disadari oleh pelanggan mereka.

5. Sang Pembuat Perubahan

Banyak pengusaha sosial yang masuk dalam kategori ini. Mereka berusaha membuat perubahan di bumi ini. Biasanya mereka sangat terbuka dan bersemangat mengenai misi mereka. Jika sukses, pengusaha jenis ini akan mampu menggabungkan misi mereka dengan keberlanjutan dan pertumbuhan komersial.

Yang jelas, semua pengusaha ini memiliki jadwal kerja yang sama untuk bisa menjadi sukses. Mau tau seperti apa jadwal pengusaha sukses? Klik di sini.

 

Sumber: www.virgin.com

Tags : bisnisentreprenurkepemimpinan