close
hambatan pengembangan diri

Setiap orang akan mengalami masalah dalam hidup mereka. Setiap orang akan menghadapi stres dengan cara yang berbeda. Dan masing-masing bisa menghadapi hambatan tersendiri dalam mengembangkan diri mereka.

Berikut ini adalah 5 hambatan yang sering terjadi yang dapat membatasi pengembangan diri Anda beserta cara dan tips untuk mengatasinya.

1. Tidak mengelola waktu secara efektif

Mungkin ini adalah hambatan terbesar dari pengembangan diri. Kebanyakan orang berpikir bahwa 24 jam sehari tidak cukup untuk melakukan semua yang harus mereka lakukan. Padahal kenyataannya, waktu itu jelas lebih dari cukup. Alasan mereka gagal memanfaatkan waktu secara efektif adalah bahwa mereka cenderung menunda mengerjakan suatu tugas sampai benar-benar dibutuhkan. Akhirnya pekerjaan jadi menumpuk.

Cara mengatasi hambatan ini adalah dengan membuat rencana. Tuliskan apa yang harus Anda lakukan setiap hari dan pastikan Anda mengerjakan itu semua. Jangan sampai jatuh ke perangkap kemalasan dan pikirkan bahwa dengan menyelesaikan apa yang perlu diselesaikan, Anda akan punya lebih banyak waktu luang untuk orang yang Anda cintai atau Anda bisa melakukan relaksasi juga.

2. Mudah teralihkan

Banyak sekali gangguan yang bisa membuat kita kehilangan fokus. Ketika hal itu terjadi, kita bisa melupakan tujuan dan menyerah pada gangguan yang ada. Padahal, itu artinya kita tengah menunda kesuksesan kita sendiri.

Cara mengatasi hambatan ini adalah dengan mengidentifikasi semua gangguan dan belajar untuk bisa terbebas dari gangguan tersebut. Misalnya, alih-alih menyelesaikan laporan bisnis Anda, Anda cenderung menghabiskan sebagian besar waktu Anda browsing internet atau menonton TV. Atau mungkin Anda sedang ada janji temu dengan klien tapi Anda membatalkan karena ingin tidur lebih lama. Anda harus memberi diri Anda ketegasan karena tidak ada yang bisa menolong Anda kecuali diri Anda sendiri.

3. Membatasi diri

Anda harus melihat sisi lain dari hidup Anda dan mulai menanyakan: berapa lama Anda telah tinggal dalam dinding imajiner yang telah Anda bangun sendiri untuk membatasi diri Anda? Ada banyak cara dapat Anda lakukan untuk mencapai tujuan jadi jangan pernah membatasi diri Anda.

Cara mengata hambatan ini adalah dengan memperluas cakrawala Anda, belajar untuk berpikir di luar kotak, dan cobalah untuk menjadi kreatif. Belajarlah dari orang lain, dan luangkan waktu untuk mempelajari bagaimana orang-orang tersebut bisa sukses. Cobalah melakukan langkah-langkah yang belum pernah Anda lakukan sebelumnya sehingga Anda dapat mulai mendapatkan sesuatu yang baru.

4. Takut melakukan kesalahan

Bahkan orang-orang yang sukses melakukan kesalahan di awal karir mereka masing-masing. Einstein gagal berkali-kali sebelum dia akhirnya berhasil menemukan rumus-rumus yang berguna untuk berbagai penemuan. Dan Michale Jordan juga beberapa kali gagal memasukkan bola ke ring sebelum akhirnya bisa dikenal sebagai pebasket besar. Jadi, fokusnya bukan seberapa sering Anda gagal, tapi seberapa besar semangat Anda untuk bangkit dan mencoba mengejar mimpi Anda lagi.

Cara mengatasi hambatan ini adalah dengan tidak merasa ketakutan ketika melakukan kesalahan. Kesalahan bukan berarti kegagalan. Anda bisa belajar dari kesalahan tersebut. Anda harus mencoba dan terus mencoba hingga semua bisa berhasil sesuai dengan yang Anda rencanakan.

5. Kurangnya sistem pendukung

Orang-orang di sekitar kita biasanya sumber kekuatan dan inspirasi kita. Namun, banyak orang yang tidak melingkupi diri mereka dengan orang-orang tepat yang akan selalu mendukung mereka. Padahal dukungan ini sangat dibutuhkan, khususnya ketika Anda merasa jatuh dan kehilangan gairah. Ingat, keluarga dan teman adalah harta yang paling berharga dan mereka akan selalu mendukung Anda.

Cara mengatasi hambatan ini adalah dengan mencoba membagikan dan menceritakan semua mimpi Anda ke orang-orang terdekat. Dan Anda akan terkejut mengetahui bahwa akan banyak motivasi dan dukungan yang Anda terima. Kadang-kadang kita hanya perlu vokal sehingga orang-orang yang mencintai kita tahu bagaimana caranya membantu kita.

Selain itu, Anda juga harus mulai membangun rasa percaya diri sebagai salah satu bentuk pengembangan diri Anda.

 

Sumber: www.business2community.com

Tags : produktivitas