close
hal tentang rooting

Apakah Anda pernah berpikir untuk melakukan rooting pada perangkat Android Anda? Sebenarnya rooting bukanlah hal yang mengerikan, asalkan Anda melakukan beberapa hal yang benar sebelum memulainya. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda lakukan sebelum melakukan rooting pada perangkat Android Anda.

1. Backup semua data Anda

Backup adalah hal terpenting untuk dilakukan sebelum Anda root perangkat Android Anda. Simpan foto, dokumen, dan aplikasi yang ingin Anda selamatkan. Dan pastikan semua yang harus Anda sync dengan akun google Anda telah ter-sync dengan sempurna. Hampir semua proses rooting Android akan me-wipe semua data di dalam smartphone Anda. Jadi, walaupun Anda melakukan semuanya dengan benar, Anda tetap akan kehilangan data Anda jika tidak melakukan backup terlebih dahulu.

2. Periksa semua detailnya

Pelajari jenis dan tipe smartphone Anda dan Android versi berapa yang digunakan. Lebih baik lagi Anda memeriksa versi kernel dan build number-nya. setelah menemukan semua detail ini, Anda bisa mencari informasi mengenai cara rooting Android yang benar untuk perangkat Anda.

3. Baca sebelum melakukan rooting

Sesudah Anda menemukan panduan rooting yang cocok untuk smartphone dan versi Android Anda, pastikan Anda memahami setiap langkah dari panduan tersebut. Anda tidak harus menjadi sangat ahli dalam hal ini, tapi paling tidak Anda tahu apa yang dimaksud dalam panduan tersebut. Selagi membaca, download-lah file-file yang harus di-download berdasarkan panduan tersebut. Pastikan link yang disertakan adalah link aktif dan file yang disarankan adalah file dengan versi terbaru. Memang hal ini agak ribet tapi harus Anda lakukan untuk mengantisipasi permasalahan di tengah proses rooting.

4. Periksa garansi Anda

Jika Anda yakin ingin me-root Android Anda, dan paham mengenai prosesnya, luangkan waktu sejenak untuk memeriksa garansi smartphone Anda. Mungkin saja rooting akan membuat garansi Anda jadi tidak berlaku, tapi mungkin juga tidak. Meskipun Anda yakin bisa mengembalikan smartphone ke kondisi sebelum rooting, pabrik atau pemberi garansi tetap akan mengetahui proses apa yang Anda lakukan terhadap smartphone Anda. Jadi, jika ingin melakukan rooting, tunggu masa garansi Anda habis atau kadaluarsa.

5. Pahami batas-batasnya

Anda sangat memahami smartphone Anda dan Andalah yang mengetahui apakah smartphone Anda membutuhkan rooting atau tidak. Rooting memang akan memperbaiki kinjera smartphone Anda, tapi jangan harapkan smartphone tua Anda akan memiliki kinerja seperti Galaxy S5. Anda bisa saja meng-instal ROM custom seperti CyanogenMod dan ini akan membuat smartphone berkinerja lebih baik. Tapi ingat, fitur yang ada di ponsel Anda adalah fitur-fitur lama. Kemungkinan, Anda nanti akan harus meng-update ponsel lama Anda ke versi Android yang tak tersedia, tapi itu tidak berarti telepon Anda akan beradaptasi dengan kebutuhan daya tambahan. Jadi, memahami batasan-batasan ini sangatlah penting sebelum Anda memulai rooting.

 

Sumber: cellphones.about.com

Tags : androidaplikasimobile