close
kehilangan pekerjaan

Di tengah memburuknya sistem ekonomi, tak jarang kita mendengar banyak karyawan di PHK. Selain PHK masal seperti itu, mungkin ada juga dari Anda yang pernah mengalami kehilangan pekerjaan karena suatu hal.

Apapun alasannya, berikut ini adalah hal-hal yang sebaiknya Anda lakukan ketika Anda kehilangan pekerjaan Anda.

1. Jangan panik

Pada masa awal Anda kehilangan pekerjaan, pasti Anda merasa tertekan, dan sering membuat kita kehilangan kejelasan dan fokus pada perencanaan langkah-langkah berikutnya. Jangan sampai terjebak dalam kecemasan yang menghancurkan. Pasti ada solusi, dan perlu waktu dan ruang untuk menemukan solusi tersebut. Daripada panik, Anda bisa mempersiapkan diri Anda untuk segera mencari solusi dan melakukan aksi, misalnya dengan mencari pekerjaan baru atau memulai usaha baru.

2. Terima situasi Anda

Anda memiliki hak untuk merasa tidak bahagia. Ketika Anda memberikan ruang untuk emosi Anda, Anda dapat mulai untuk melihat gambaran besar lebih jelas, memungkinkan Anda untuk bertindak dengan cara yang akan membantu Anda dan karir Anda.

3. Pikirkan kembali prioritas Anda

Setelah Anda menetapkan standar hidup tertentu, sangat sulit untuk menyesuaikan dengan kondisi di bawahnya. Sangat penting bagi Anda untuk memisahkan keinginan dari kebutuhan Anda dan membuat perubahan yang diperlukan yang mencerminkan realitas keuangan baru Anda. Terutama jika Anda hidup dari dana darurat Anda, Anda harus tahu bagaimana harus berhemat sehingga Anda tidak menghabiskan tabungan Anda sebelum solusi muncul.

4. Jangan mengabaikan kesehatan Anda

Kehilangan pekerjaan Anda adalah salah satu pengalaman hidup yang paling sulit yang kita lalui. Sebuah studi menunjukkan risiko serangan jantung secara signifikan lebih tinggi di antara para pengangguran daripada mereka yang tidak mengalami kehilangan pekerjaan. Hal ini menggarisbawahi pentingnya merawat kesehatan fisik dan emosional Anda saat menganggur. Perhatikan tingkat stres Anda. Lakukan olahraga dan yoga, misalnya, untuk menjaga kesehatan Anda secara keseluruhan.

5. Jangan berdiam diri

Salah satu kesalahan terbesar dari pengangguran adalah tidak bersosialisasi dengan orang lain. rasa malu karena kehilangan pekerjaan bisa membuat orang menjauh dari interaksi sosial yang sehat dan produktif. Tapi itu hanya meningkatkan tekanan negatif pada situasi yang sudah stres. Keluar dari rumah dan bertemu orang-orang biasanya adalah cara terbaik untuk menemukan ide dan solusi.

 

Sumber: lifehacker.com

Tags : karirperencanaan