close
BisnisInfoKomunikasi

5 Gangguan yang Bisa Menghalangi Anda Belajar Bahasa Asing

halangan belajar bahasa asing

Seperti mimpi dan cita-cita lain yang ingin kita raih, belajar bahasa asing yang baru memang butuh proses panjang. Alasan terbesar kebanyakan orang gagal dalam belajar bahasa asing adalah mereka berhenti terlalu cepat, walaupun mereka tahu hal ini banyak manfaatnya.

Berikut ini adalah gangguan atau halangan yang mungkin Anda hadapi ketika belajar bahasa asing.

1. Frustrasi

Frustrasi adalah tahap pertama yang Anda akan mengalami dalam tahap belajar, dan itu normal. Ketika Anda merasa frustrasi, itu artinya Anda semakin jauh meninggalkan zona nyaman. Namun, pada tahap ini, banyak yang memutuskan untuk berhenti. Padahal, setelah tahap ini, proses belajar akan menjadi menyenangkan.

Kuncinya adalah melewatinya tahap demi tahap, dan membebani diri dengan tantangan yang besar. Dari situ, Anda bisa memberi hadiah pada diri sendiri setiap kali suatu tujuan kecil terlewati.

2. Kurangnya minat atau tujuan

Kurangnya minat atau tujuan hanya bisa diatasi dari dalam diri Anda. Tanpa suatu hasrat untuk belajar sesuatu, tak ada apapun, baik itu uang, sumber daya, atau strategi, yang bisa membantu Anda. Untuk menetapkan tujuan, Anda bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini:

– Peluang apa yang mungkin akan tersedia jika Anda bisa lancar berbahasa asing?
– Apa yang akan Anda lakukan jika bisa berbicara bahasa asing tersebut dengan lancar
– Apa yang akan Anda rasakan jika bisa berbicara bahasa tersebut dengan lancar?

3. Biaya

Walaupun uang tidak bisa disebandingkan dengan kebahagiaan, tapi pasti orang yang belajar bahasa asing membutuhkan uang. Bukan berarti Anda tak bisa mengambil manfaat dari kursus bahasa asing online gratis, tapi jika Anda ingin hasil memuaskan, Anda mungkin perlu ikut kelas berbayar, yang menyediakan guru native.

4. Kurangnya waktu

Waktu adalah komoditas yang paling berharga yang sepertinya tidak cukup dimiliki oleh siapapun. Beberapa dari kita mungkin butuh perjuangan agar punya waktu untuk belajar bahasa asing. Dan karena kurangnya waktu itu, akhirnya banyak yang gagal belajar bahasa baru.

5. Tidak ada perkembangan

Jika tidak tumbuh, kita akan mati. Itu artinya, kita harus terus menerus membuat perbaikan. Sama halnya dengan belajar bahasa asing. Kita harus membuat daftar perkembangan untuk melihat seberapa jauh kita telah bergerak. Dengan demikian, kita akan terhindar dari rasa frustrasi yang mungkin menyerang dalam proses pembelajaran.

 

Sumber: www.pickthebrain.com

Tags : bahasa asingkomunikasi