close
mengatur aplikasi di smartphone

Anda punya banyak aplikasi di Smartphone Anda? Jika Anda tidak mengatur atau mengorganisasi aplikasi-aplikasi tersebut, tentu akan sangat susah mencari aplikasi yang Anda inginkan. Berikut ini adalah beberapa cara terbaik untuk mengatur aplikasi di Smartphone Anda.

1. Penataan berdasarkan aksi

Anda ingin mencari informasi di Wikipedia, sembari mendengarkan lagu? Mengapa tidak mengatur aplikasi ke dalam folder-folder berdasarkan aksi tersebut. Misalnya, folder “look up” khusus untuk search engine dan sejenisnya, folder “listen” untuk pemutar musik dan aplikasi musik, atau “photograph” khusus untuk kamera, galeri, dan aplikasi editing foto.

2. Penataan berdasarkan warna

Jika Anda suka sesuatu yang visual, Anda mungkin bisa mengelompokkan aplikasi berdasarkan warnanya. Untuk kelompok biru, aka nada dropbox, facebook, dan twitter. Dan untuk kuning, aka nada Snapchat. Bagaimana, menarik bukan?

3. Penataan berdasarkan yang sering dipakai (frequently used)

Pada layar pertama smartphone Anda, Anda bisa mengisinya dengan aplikasi yang sering Anda pakai. Atau, aplikasi yang paling sering Anda pakai, bisa Anda tata di home screen. Seiring perkembangan waktu, Anda akan tahu mana aplikasi yang paling sering atau paling jarang digunakan.

4. Menggunakan Widgets

Widget adalah semacam shortcut untuk aplikasi yang ada di Android. Dengan menaruh widget ke salah satu home screen Anda, Anda dapat mengelola ruang dengan lebih kreatif. Widget adalah alat pengaturan yang baik bagi mereka yang ingin mengumpulkan informasi kunci tanpa klik tambahan.

5. Atur semua folder hanya dalam satu screen

Cara nomor 1 memungkinkan Anda untuk memiliki beberapa screen aplikasi di Smarphone Anda. Tetapi jika Anda bisa meringkasnya dalam beberapa folder yang muat dalam satu screen, hal ini juga sangat baik dalam hal pengorganisasian aplikasi. Jadi, ketika Anda masuk menu, hanya aka nada satu screen berisi folder-folder aplikasi.

 

Sumber: www.lifehack.org

Tags : aplikasimobile