close
keberanian menuju sukses

Anda merasa takut? Itu wajar. Semua orang mengalaminya. Entah itu takut gagal, takut tersakiti, takut kecewa, dan ketakutan lainnya. Agar ketakutan ini pergi, Anda harus bisa membangun keberanian dalam diri Anda dan Anda akan bisa memulai memperbaiki kehidupan, hubungan, dan bisnis Anda.

Berikut ini adalah cara untuk meningkatkan keberanian yang akan membawa Anda kepada kesuksesan.

1. Perjelas apa yang Anda inginkan

Kebanyakan dari kita takut bermimpi besar karena takut akan muncul pemisah yang terlalu luas antara apa yang kita inginkan dengan seperti apa diri kita sekarang. Untuk mengatasi ini, Anda harus bisa mengidentifikasi bagian dari hidup Anda yang membuat Anda merasa tidak bahagia dan tidak puas. Apa yang bisa Anda lakukan agar perasaan tak bahagia dan tak puas itu bisa hilang? Jangan hanya berkata: saya ingin pekerjaan dengan posisi tinggi. Tapi fokuslah pada apa yang akan Anda rasakan ketika hal itu tercapai: saya ingin pekerjaan dengan posisi tinggi karena lebih menantang dan memaksimalkan potensi saya. Jika Anda belum menemukan kejelasan mengenai apa yang benar-benar Anda inginkan—karir, hubungan, kesehatan, kehidupan—akan sulit bagi Anda untuk meraihnya.

2. Identifikasi ketakutan terbesar Anda

Takut bukanlah hal yang buruk. Pertanyaannya adalah apakah ketakutan itu melindungi Anda dari ancaman pada hidup Anda atau malah mengekang Anda dan membuat Anda tak bisa bebas berkembang? Entah Anda takut dipermalukan, takut gagal, atau takut ditolak, cara terbaik untuk menghadapi ketakutan tersebut adalah dengan melihatnya sejelas mungkin lalu membiarkannya hadir.

3. Jujurlah tentang akibat dari tiadanya tindakan

Jangan menipu diri sendiri, kelambanan dan pilihan untuk tidak melakukan apa-apa akan berakibat fatal. Banyak yang berpura-pura mereka bahagia padahal tidak. Dan akhirnya kita terjebak pada hal yang sama sekali tidak seperti yang kita inginkan. Mencoba mengetahui bahwa kita sebenarnya tidak bahagia adalah sebuah keberanian. Tapi jika Anda berani menghadapi hal ketakutan tersebut adalah hal terbaik yang bisa Anda lakukan untuk meraih apa yang sebenarnya kita inginkan.

4. Pecah visi besar Anda menjadi beberapa bagian kecil

Ketika Anda berusaha untuk mencapai suatu tujuan besar, pasti ketakutan juga akan lebih besar. Ketika Anda membaginya dalam beberapa langkah atau bagian kecil, Anda akan bisa menghadapinya dengan mudah. Misalkan, Anda mempunyai suatu goal untuk dicapai dalam 12 bulan. Anda bisa memecah goal itu menjadi goal bulanan yang bisa Anda review setiap akhir bulan. Dengan demikian, 12 bulan Anda tak akan terasa sangat berat.

5. Buatlah akuntabilitas

Mintalah dukungan dari teman, sewalah pelatih atau mentor, atau ajak bergabung orang-orang yang sepemikiran dengan Anda. Cara ini akan membuat Anda tetap pada jalur. Ketika keberanian Anda mulai mengendur dan Anda mulai lepas dari komitmen, tim inilah yang akan selalu memberikan dukungan dan peringatan. Dengan demikian, sifat suka menunda pun bisa dihapuskan.

 

Sumber: www.pickthebrain.com

Tags : produktivitas