close
rambut statis

Listrik rambut statis bisa membuat rambut Anda menjadi berantakan dan tentu Anda tak menginginkan hal ini bukan? Rambut yang kering lebih mudah menjadi berantakan akibat listrik statis ini. Jika Anda suka mengenakan topi, rambut juga bisa berantakan akibat listrik statis ini. Meskipun perempuan dengan rambut lurus dan tipis lebih rawan terkena efek rambut statis ini, hal ini bisa menimpa semua jenis rambut. Namun, Anda bisa melakukan cara menyingkirkan listrik statis pada rambut berikut ini.

1. Keramas dengan cara yang benar

Untuk mengurangi listrik statis rambut, Anda bisa mengganti kondisioner Anda dengan yang mengandung silikon. Silikon ini bisa membuat rambut bersinar serta bisa mentralisasi muatan listrik. Namun, jika Anda merasa bahwa kondisioner silikon membuat rambut terasa lepek, Anda bisa menggunakan beberapa tetes serum yang mengandung silikon setiap selesai keramas.

2. Gunakan peralatan rambut yang benar

Untuk menangkal proton yang membuat rambut berantakan, Anda bisa menggunakan blow dryer ion yang melepaskan ion negatif untuk mengeringkan rambut lebih cepat dan mencegah rambut statis dari awal. Selain itu, hindari sisir plastik karena plastik membuat muatan negatif dan positif menjadi tidak seimbang.

3. Pilih produk styling yang tepat

Perempuan yang menggunakan produk pengikal rambut lebih mudah terhindar dari rambut statis. Produk rambut seperti gel dan spray bisa membuat rambut lebih tertata. Jika Anda ingin gaya rambut lurus atau bergelombang, gunakan sray pada rambut setengah basah sebelum di blow-dry. Atau, jika rambut Anda kering, Anda bisa memerciki rambut Anda dengan air sebelum menggunakan spray. Jika Anda ingin gaya rambut ikal, gunakan obat rambut (mousse) yang lebih kuat, sebelum di blow-dry dengan diffuser.

4. Perangi rambut statis setelah blow-dry

Setelah di-blow, rambut statis masih bisa muncul. Jika demikian, sisir rambut Anda dengan sisir yang telah disemprot dengan sedikit hairspray. Pastikan Anda menyemprotkan hairspray dengan jarak minimal 20 cm agar sisir dan rambut tidak lengket oleh hairspray.

5. Bawa produk rambut tanpa bilas setiap saat

Ada beberapa produk tanpa bilas yang membuat rambut Anda lebih rapi. Oleskan sedikit saja pada telapak tangan Anda dan tepuk-tepukkan pada rambut Anda. Produk yang mengandung minyak zaitun biasanya lebih bagus dalam mengatasi rambut statis karena minyak zaitun memiliki kemampuan menjaga kutikula rambut tetap lembab.

Untuk menghindari rambut lepek bagi Anda yang memiliki rambut lurus dan tipis, cukup gunakan sedikit sekali produk tanpa bilas ini. Dengan demikian, rambut statis bisa hilang tapi rambut Anda tak akan jatuh dan jadi lepek.

 

Sumber: www.totalbeauty.com

Tags : kecantikanrambuttips kecantikan