close
biaya bank

Sebagian besar dari kita tahu bahwa bank akan mengenakan biaya pada kita untuk hal-hal seperti overdraft, nilai uang di akun berada di bawah jumlah minimum, dan ketika menggunakan ATM di bank lain. Tetapi ada biaya lain yang tersembunyi di print kontrak dan Anda mungkin baru akan mengetahuinya ketika Anda dikenai dengan biaya yang mengejutkan.

Berikut ini adalah beberapa biaya yang dikenakan bank yang mungkin belum Anda ketahui.

1. Penggantian kartu debit

Ketika Anda kehilangan dompet beserta kartu debit Anda, bank akan memberikan bantuan untuk penggantian kartu debit tersebut, tapi dengan mengenakan sejumlah biaya. Jika Anda ingin kartu Anda diselesaikan dengan lebih cepat, Anda akan dikenakan dengan biaya yang beberapa kali lipat lebih besar.

2. Wire transfer

Ketika Anda perlu mengirim uang ke rekening luar, wire transfer adalah pilihan yang menarik karena cepat tetapi dengan biaya layanan yang harus Anda bayarkan.

3. Penghentian pembayaran

Jika Anda membuat kesalahan—seperti mengirim pembayaran dengan jumlah yang salah atau cek yang Anda kirimkan hilang—bank bisa membantu Anda untuk menghentikan pembayaran tersebut. Bank bisa menghalangi atau mencegah pengambilan dana melalui cek atau pengiriman uang ke akun yang Anda kirim tersebut. Dan yang perlu Anda tahu, penghentian pembayaran merupakan salah satu layanan paling mahal.

4. Transaksi asing

Anda ingin ke luar negeri? Sebaiknya Anda berbicara dengan bank sebelum Anda pergi. Banyak bank mengenakan biaya transaksi asing untuk pembelian debit yang terjadi di luar negeri. Hal ini bisa dihindari jika bank Anda memiliki kemitraan dengan bank asing di negara yang Anda tuju atau jika Anda menggunakan kartu kredit yang travel-friendly tanpa biaya transaksi asing.

5. Penutupan awal

Jika Anda berencana menutup akun Anda, hati-hati karena Anda juga mungkin dikenai biaya. Beberapa bank memiliki masa tunggu minimum yang dapat berlangsung selama 180 hari. Jika Anda memutuskan untuk menutup akun Anda sebelum masa tunggu Anda habis, kemungkinan Anda akan dikenai biaya.

 

Sumber: www.nerdwallet.com

Tags : perbankanperencanaan