close
barang yang membuat hemat

Ketika membeli barang, kadang kita terlalu berpikir dua kali, terutama jika harganya mahal dan kita sedang dalam masa berhemat. Padahal, jika tahu caranya, maka barang-barang yang Anda beli justru akan membantu Anda untuk berhemat lebih dan lebih. Apa saja barang-barang itu? Let’s read this out!

1. Alat pembuat kopi

Berhenti minum kopi dalam perjalanan ke kantor bisa jadi sangat menyenangkan dan rasanya Rp 20.000 sekali minum tak masalah. Tapi jika hal ini Anda kumpulkan selama setahun, Anda akan sadar Anda telah menghamburkan uang yang fantastis. Jika Anda membeli mesin pembuat kopi sendiri dan membuat kopi Anda sendiri di rumah sebagai ganti minum kopi di café, berapa kira-kira anggaran yang akan Anda hemat?

2. Lampu LED

Dulu, lampu LED memang sangaaaaat mahal. Dan walaupun sekarang masih tetap lebih mahal daripada lampu biasa, tapi harganya telah lebih terjangkau. Yang perlu Anda tahu, membeli lampu LED adalah semacam investasi. Harganya memang berpuluh ribu lebih mahal dari lampu biasa. Namun, jika rampu rata-rata hanya bertahan selama 1.200 jam (1 tahun), LED bisa menyala hingga 25,000 jam (23 tahun). Bisa dibayangkan investasi macam apa ini terhadapa keuangan Anda?

3. Botol air

Air minum kemasan tidak hanya mahal, tapi juga membawa dampak tak baik pada lingkungan. Botol plastik bening telah memenuhi tanah-tanah kita karena banyak dari botol tersebut tidak terdaur ulang. Jika Anda ingin tetap terhidrasi, bawalah air minum dari rumah yang telah diisikan ke dalam botol plastik Anda. Pilih ukuran yang agak besar, yang isinya bisa pas untuk seharian.

4. Peralatan gym di rumah

Membership gym adalah salah satu hal yang akan menguras kantong Anda, terutama jika Anda menggunakan tiap hari. Jika Anda memilih paket bulanan, akan sangat merugikan jika Anda tidak datang secara rutin. Jika Anda punya cukup ruang, membeli alat fitness tertentu sepertinya jauh lebih baik jika dibandingkan harus pergi ke pusat kebugaran.

5. Slow cooker

Banyak yang memilih membeli di luar karena malas masak di dapur. Kompor, gas, dan segalanya yang ada di dapur tampaknya terlalu rame. Di sinilah slow cooker berperan. Anda bisa memasak makanan dari berbagai jenis, dan dengan demikian Anda bisa menghindari makan di luar.

 

Sumber: www.thesimpledollar.com

Tags : hidup hemathunian