close
blogging

Jika Anda seorang entrepreneur—atau calon entrepreneur—mungkin Anda berpikir bahwa blogging adalah hal terakhir yang akan Anda lakukan. Mungkin hal ini memang benar. Lebih baik Anda mengembangkan produk Anda atau berbicara dengan investor. Namun, seiring dengan perjalanan bisnis Anda, Anda akan mulai paham bahwa menulis blog merupakan investasi jangka panjang. Meskipun nilainya tidak bisa dinilai secara jelas, banyak entrepreneur sukses telah mendedikasikan waktu mereka untuk menulis di blog.

1. Blogging membantu mengembangkan ide

Blogging setiap hari memaksa Anda untuk selalu memiliki cara berpikir baru. Anda bisa memilah-milah mana ide yang bisa dipakai dan mana yang tidak. Selain itu, menulis setiap hari akan membuat Anda akan memaksa Anda untuk mengembangkan konsep dan cara pandang baru secara teratur. Blogging akan memberi Anda ketrampilan yang bisa Anda terapkan di area lain.

2. Blogging membantu membentuk visi Anda

Ketika pertama muncul di kepala kita, ide biasanya kabur dan rapuh. Menulis blog mengenai ide tersebut akan memacu Anda untuk berpikir lebih dalam, menyempurnakan ide Anda, dan akhirnya membuat Anda bisa memahami ide itu dengan lebih baik. Selain menegaskan apa yang ada di pikiran Anda, blogging membantu Anda mengkomunikasikan ide Anda kepada orang lain. Anda tak akan bisa sukses jika tak memiliki ide yang jelas dan ringkas. Ide ini akan terbentuk menjadi visi, yang bisa Anda gunakan untuk mengambil keputusan mengenai produk Anda, menemukan cara yang tepat untuk menarik pengguna, menarik staff yang berbakat, dan mendapatkan investor yang percaya dengan misi Anda. Blog juga bisa dimanfaatkan sebagai sarana branding yang baik.

3. Blogging membantu Anda membangun audiens

Yang Anda butuhkan untuk membangun bisnis yang berkelanjutan adalah sedikit audiens yang merupakan fans sejati Anda. Dan cara terbaik untuk mendapatkan perhatian mereka adalah dengan membagikan ide yang bisa membuat mereka mem-follow Anda. Beberapa perusahaan terkenal bahkan telah membangun audiens jauh sebelum produk mereka dibuat. Pada dasarnya, audiens tersebutlah yang membantu perusahaan-perusahaan tersebut berkembang dan membantu distribusi produk.

4. Blogging membuat Anda seorang ahli dalam industri

Postingan yang relevan dan ditulis dengan baik akan memposisikan Anda sebagai ahli dalam industri dan menempatkan nama Anda bersama dengan para ahli di bidang yang sama. Semakin banyak Anda mengetahui tentang yang Anda tulis, semakin banyak pengguna dan patner yang akan mempercayai Anda untuk menawarkan produk atau jasa kepada mereka. Kenyataanya, mengedukasi pembaca Anda adalah salah satu cara marketing yang efisien.

5. Blogging mengajarkan Anda tentang entrepreneurship

Walaupun blogging terlihat sebagai suatu bentuk komunikasi eksternal, dampaknya sebenarnya lebih introspektif. Blogging mengajarkan Anda untuk fokus pada keuntungan kecil, nilai kesederhanaan, konsistensi, dan masih banyak hal lainnya, yang berguna bagi Anda sebagai seorang entrepreneur. Sebenarnya ada juga koneksi lain antara menulis dan bisnis, walaupun tak terlalu kentara. Mendapatkan pembaca, misalnya, tidak begitu berbeda dengan mendapatkan memperoleh pelanggan. Mendapatkan pembaca membutuhkan Anda membuat koneksi dan membangun hubungan dari waktu ke waktu.

 

Sumber: www.fastcompany.com

Tags : bisnisbloggingstrategi bisnis